Penerapan Metode Jibril dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pesantren An- Nur H.A Rambipuji Jember

Hasanah, Iswatul (2015) Penerapan Metode Jibril dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Pesantren An- Nur H.A Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iswatul Hasanah_084 101 002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Agama Islam adalah agama yang dianut oleh ratusan juta kaum muslimin di seluruh dunia, merupakan way of life yang menjamin kebahagiaan hidup pemeluknya di dunia dan di akhirat kelak. Ia (agama Islam) mempunyai satu sendi yang esensial yang berfungsi memberikan petunjuk ke jalan yang sebaik-baiknya dan Al-Qur’an merupakan bukti kasih saying Allah SWT kepada hamba-hambanya. Ia hadir sebagai petunjuk dan cahaya bagi kehidupan manusia menuju kebahagiaan abadi. Fokus penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode jibril dalam meningkatkan kualitas bacaan AlQur’an? Sedangkan sub fokus yang dilakukan adalah 1) Apa saja materi-materi yang diajarkan dalam penerapan metode jibril untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an?, 2) Bagaimana teknik pengajaran metode jibril yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur’an?, 3) Bagaimana evaluasi metode jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an?. Tujuan umum yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode jibril dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Sedangkan tujuan khusus yang dilakukan adalah 1) Apa saja materimateri yang diajarkan dalam penerapan metode jibril untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an 2) Untuk mendeskripsikan tehnik pengajaran metode jibril yang dalam pembelajaran Al-Qur’an. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi metode jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an. Adapun penelitian yang di gunakan adalah Penelitian kualitatif deskriptif, metode kualitatif dan pendekatan deskriptif sedangkan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, documenter dan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode jibril di pondok pesantren An-Nur ini terdiri dari beberapa kelas/tingkatan yaitu tingkat pemula yang pada umumnya adalah anak-anak usia 5 hingga 12 tahun (TK dan SD), tingkat menengah yaitu santri telah mengenal huruf Arab dan bisa membacanya dan tingkat lanjutan yaitu santri yang telah lulus di tingkat menengah dan fasih membaca Al-Qur’an dan bacaanya tidak miring memahami dasar-dasar ilmu tajwid dan mampu mempraktekkannya 2) Materi-materi yang diajarkan metode jibril dalam proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan kitab Bil-Qolam yang terdiri dari 4 level (jilid), ayat-ayat suci Al-Qur’an dan materi penunjang dalam memahami teori-teori ilmu tajwid seperti Kitab Mabadi’Fii Ilm At-Tajwid, AlGharaib Fii Ar-Rasm Al-Utsmany, At-Tartiil Waa Al-Lahn Fii Al-Qur’an, Tadriib An-Nutq Bi Hamzah Al Washl Waa Hamzah Al-Qat’i 3) Teknik pengajaran metode jibril memiliki dua sistem pengajaran yaitu sistem pengajaran membaca digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix dan sistem pengajaran menulis pada setiap level (jilid) 4) Evaluasi metode jibril dalam pembelajaran Al-Qur’an berdasarkan jenjang pendidikan/ level ( jilid ), tingkat pemula kitab Bil-Qolam jilid I yang terdiri dari 42 halaman santri dapat membaca huruf hijaiyah yang berharakat fathah, kasrah, dan dhammah beserta nama-namanya, jilid II terdiri dari 40 halaman santri dapat membaca huruf hijaiyah gandeng yang berharakat sukun dan tanwin, jilid III terdiri 38 halaman santri dapat mempraktekkan hukum nun mati dan tanwin, mim mati, mad, qolqolah, tafkhim taqrir serta idgham syamsiah dan idgham qomariah, jilid IV terdiri dari 43 halaman santri dapat mempraktekkan waqaf ibtida’, bacaan gharib dan awailussuwar. Jilid I-IV di tempuh dengan waktu maksimal 12-24 bulan dengan pertemuan 3-6 tatap muka/minggu dengan alokasi waktu 60 menit setiap tatap muka dengan jumlah santri 15-20 anak/kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item