Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanakan nilainilai pendidikan Islam.

Asalwa, Miftahul Jannah (2015) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanakan nilainilai pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Jannah Asalwa_084111189.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah suatu keaadan pembelajaran yang diharapkan. metode bercerita adalah menuturkan atau menyampaikan cerita secara lisan kepada anak didik sehingga dengan cerita tersebut dapat disampaikan pesanpesan yang baik. Jadi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam adalah cara guru menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam novel 99 cahaya dilangit Eropa menggunakan metode bercerita secara lisan kepada anak didik sehingga tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mempunyai nilai pesan yang baik. Fokus kajian yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan cerita (novel 99 cahya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Sub fokus kajian penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai pendidikan Akidah?(2) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai pendidikan Akhlak?(3) Bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai pendidikan Syariah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai pendidikan Akidah, untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai pendidikan Akhlak, untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode cerita (novel 99 cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai pendidikan Syariah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), artinya penelitian yang dilaksanakan dalam hal ini, ruang kerja penelitian adalah ruang perpustakaan. Metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan berbagai sumber data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode content analisis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang mencakup upaya klasifikasi tanda-tanda yang dipakai dalam komunikasi dan menggunakan kriteria sebagai dasar klasifikasi dan menggunakan tehnik analisis tertentu sebagai pembuat prediksi. Berdasarkan penyajian dan analisis data dapat disimpulkan, bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan metode cerita (novel 99 digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii cahaya dilangit Eropa) untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yaitu yang pertama adalah nilai pendidikan akidah yang ditampilkan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa seperti: 1). Iman kepada Allah, 2). Iman kepada malaikat, 3) iman kepada kitab-kitab Allah, 4). Iman kepada Rasul, 5). Iman kepada hari Kiamat, 6). Iman kepada qadha’ dan qadar. Nilai pendidikan akhlak yang ditampilkan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa seperti: 1). Akhlak terhadap Allah, 2). Akhlak terhadap sesama, 3). Akhlak terhadap alam. Nilai pendidikan syariah dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa seperti: 1). Nilai pendidikan ibadah seperti: sholat lima waktu dan berjamaah, 2). Nilai pendidikan muamalah seperti menuntut ilmu dan mengamalkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item View Item