Problematika Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

Muhimmah, Milyl (2015) Problematika Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Milyl Muhimmah_084 111 146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berubahnya kurikulum ktsp ke kurikulum 2013 ini merupakan salah satu upaya memperbaharui setelah dilakukannya penelitian untuk pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda.Kurikulum 2013 memadukan tiga konsep yang menyeimbangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan.Melalui konsep itu, keseimbangan antara hardskill dan softskill dimulai dari standart kompetensi lulusan, standart isi, standart proses, dan standart penilaian dapat diwujudkan. Fokus kajian dalam skipsi ini adalah pertama, Bagaimana Problematika Guru Aqidah Akhlak dalam Merancang Prangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? Kedua, Bagaimana Problematika Guru Aqidah Akhlak dalam mengimplementasikan Pembelajaran Kurikulum 2013? Ketiga, Bagaimana Problematika Guru Aqidah Akhlak dalam Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013? Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan problematika guru Aqidah Akhlak dalam merancang perangkat pembelajaran, mengimplementasikan serta Evaluasi Pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti berupaya menganalisa dengan metode deskriptif, yaitu; dengan mendeskripsikan Problematika yang dihadapi guru Aqidah Akhlak dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tehnik trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan dari penelitian ini adalah pertama Kurang pahamnya guru dalam membuat perencanaan pembelajaran yang akan digunakan untuk mengajar di kelas. meliputi : mendeskripsikan tujuan pembelajaran, menentukan materi sesuai dengan kompetensi yang telah ditentukan, mengorganisasikan materi berdasarkan urutan dan kelompok. Kedua untuk pembelajaran kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah Akhlak di MA Miftahul ulum suren guru masih kesulitan menemukan cara yang terbaik untuk menyampaikan berbagai konsep yang diajarkan didalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, Memilih dan menetapkan strategi dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Kurang memahami konsep-konsep pembelajaran kurikulum 2013 tentang konsep pembelajaran scientific. Ketiga Kesulitan guru dalam pengisian rapor K13 yang menyita banyak waktu. Sistem pengisian rapor dibagi dalam beberapa kategori penilaian dengan jumlah kurang lebih 12 halaman penilaian yang harus diberikan kepada seorang siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19008

Actions (login required)

View Item View Item