Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kesehatan Santri Melalui Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo

Sa'diyah, Nurhalimatus (2015) Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kesehatan Santri Melalui Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurhalimatus Sa’diyah_084 111 347.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan kenikmatan yang sangat berharga yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun karena dengan tubuh yang sehat manusia bisa melakukan aktifitas apa saja. Aktifitas santri di Pondok Pesantren dipengaruhi oleh nilai-nilai keislaman yang mana Islam sangat memperhatikan kesehatan manusia, Mengingat banyaknya santri yang menuntut ilmu, tentu tidak mustahil sebagian santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin masih berperilaku tidak menghiraukan kesehatan seperti membuang sampah sembarangan, padahal Islam sangat menyukai kebersihan dan keindahan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, bagaimana upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan kesehatan santri melalui pelaksanaan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan kesehatan santri melalui pelaksanaan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan kesehatan santri melalui pelaksanaan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan kesehatan santri melalui pelaksanaan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskripstif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan teknis triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan kesehatan santri melalui pelaksanaan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Leces Probolinggo ialah santri dianjurkan untuk menerapkan langsung pendidikan Islam dalam aktivitas kehidupan sehari-hari dengan cara saling mengingatkan sesama santri, walaupun masih ada santri yang belum melaksanakan dengan sepenuhnya. Faktor yang mendukung ialah pelaksanaan pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui aktivitas santri yang ada di Pondok, saling mengingatkan sesama santri tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi kesehatan dan pengecekan kebersihan santri oleh pengurus. Faktor yang menghambat ialah kurangnya pemahaman santri tentang pentingnya pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari bagi kesehatan dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung santri untuk menjaga kesehatan santri seperti tempat olahraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19009

Actions (login required)

View Item View Item