Problematika Standar Kualifikasi Guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015.

Amaliah, Rizka (2015) Problematika Standar Kualifikasi Guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizka Amaliah_084 111 011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 32 tahun 2010, kualifikasi akademik guru pendidikan harus minimal S1/D IV, dan memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, dan sosial. Dalam kenyataannya, di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso terdapat guru yang masih aktif sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi bahkan SMA sebagai pendidikan terakhir. Beberapa guru MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso juga mengabaikan kedisiplinan waktu, sehingga hal tersebut mengurangi keprofesionalannya sebagai guru. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problematika standar kualifikasi akademik guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana problematika standar kualifikasi guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan problematika standar kualifikasi akademik guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2014/1015. 2) Untuk mendeskripsikan problematika standar kualifikasi kompetensi guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Problematika standar kualifikasi akademik guru di MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso adalah adanya 5 dari 13 guru yang belum/tidak memenuhi standar kualifikasi akademik, baik melalui pendidikan formal, maupun melalui uji kelayakan dan kesetaraan. 2) Problematika standar kualifikasi kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso adalah adanya beberapa guru yang belum/tidak memenuhi standar kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Untuk kompetensi sosial, guru MTs Miftahul Ulum Pancoran Bondowoso telah memenuhinya. Namun untuk kompetensi pedagogik, profesional dan kepribadian masih ada beberapa guru yang belum memenuhinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item View Item