Implementasi Metode Kritiklah Aku Gurumu Dan Sistem Penilaian Gratis Dalam Membentuk karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Barokah Bangsalsari Jember.

Nurhayati, Siti (2015) Implementasi Metode Kritiklah Aku Gurumu Dan Sistem Penilaian Gratis Dalam Membentuk karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Barokah Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nurhayati_084 111 153.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini negara indonesia sedang menghadapi berbagai macam permasalahan mulai dari kemiskinan dan penyimpangan perilaku baik yang dilakukan oleh kalangan remaja maupun yang melibatkan para pemimpin bangsa, sebut saja tawuran antar pelajar, kurang pekanya generasi muda terhadap lingkungan sekitar, atau yang lebih kompleks yaitu korupsi yang tumbuh subur, sampai masalah kedisiplinan yang semakin lemah. Padahal jika kita kaji lebih dalam indonesia kaya akan sumber daya alam yang sebenarnya bisa menjadikan indonesia sebagai negara adil daya. Sejatinya, pendidikan Agama Islam sebagaimana diajarkan di sekolah-sekolah, memiliki peran yang sangat vital dalam pembentukan kepribadian atau karakter seorang peserta didik. Jadi, baik dan buruknya generasi penerus bangsa ini, sangat tergantung pada keberhasilan pendidikan, khususnya penanaman nilai-nilai luhur. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan tentang metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis dalam membentuk karakter siswa di MTs Al- Barokah Bangsalsari Jember, Bagaimana pelaksanaan metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis dalam membentuk karakter siswa di MTs Al- Barokah Bangsalsari Jember, Bagaimana evaluasi metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis dalam membentuk karakter siswa di MTs Al- Barokah Bangsalsari Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis dalam membentuk karakter siswa di MTs Al- Barokah Bangsalsari Jember. Pelaksanaan metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis dalam membentuk karakter siswa di MTs AlBarokah Bangsalsari Jember dan evaluasi metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis dalam membentuk karakter siswa di MTs Al- Barokah Bangsalsari Jember Metode prosedur penelitian terdiri dari : a.Pendekatan dan Jenis penelitian, b. Lokasi Penelitian, c. Kehadiran Peneliti, d. Subyek Penelitian, e. Sumber Data, f. Tehnik Pengumpulan Data,g. Teknik analisis data, h. Keabsahan data, i.Tahapan-tahapan Penelitian. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut : Dalam perencanaan metode kritiklah aku gurumu dan sistem penilaian gratis ini guru menggunakan RPP, dengan adanya RPPlah guru akan lebih mudah dan bisa dikreasikan sendiri dalam strategi pembelajarannya. Sehingga pelaksanaannya yaitu guru dalam menyampaikan materi keseluruhan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana efektif dan menyenangkan. Sedangkan Evaluasi pembelajaran di MTs Al-Barokah yaitu secara tes maupun non tes, mengarahkan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun yang lebih ditekankan adalah evaluasi non tes, yaitu aspek evaluasi pada aspek sikap (afektif) dan perilaku (psikomotorik) peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item