Kontribusi Mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2013/2014

Chumairoh, Umi (2015) Kontribusi Mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UMI CHUMAIROH_084 101 046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seorang guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu mahasiswa praktikan atau calon guru harus memberikan motivasi kepada siswa. Karena motivasi adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya segala aktifitas siswa dalam belajar, oleh karena itu aktifitasnya akan lebih mudah dilakukan apabila ia memiliki suatu rangsangan atau dorongan. Saat ini, banyak siswa yang kurang termotivasi untuk belajar. Salah satunya disekolah yang akan peneliti lakukan penelitian tersebut karena kedatangan mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember dianggap kurang begitu antusias terlihat dari kesan pertama saat mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember melakukan perkenalan, mereka nampaknya kurang begitu menghiraukan dengan kedatangan mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember tersebut, ini berdampak pada yang akan terjadi kedepan saat proses pembelajaran, untuk itu motivasi mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar guna memelihara dan meningkatkan semangat siswa Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana kontribusi mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember dalam memotivasi belajar siswa di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian skripsi ini secara umum adalah Untuk mendeskripsikan kontribusi mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember dalam memotivasi belajar siswa Di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2013/2014 Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan dalam penentuan informan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumenter. Untuk menganalisa data menggunakan metode analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kontribusi mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember dalam memotivasi belajar siswa di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah terlaksana sesuai dengan yang diharapkan oleh guru maupun siswa hal itu menunjukkan bahwa semakin baik motivasi mahasiswa PPL Tarbiyah STAIN Jember dalam memotivasi belajar siswa, maka semakin meningkat pula aktifitas belajar siswa karena mahasiswa PPL menerapkan beberapa metode belajar mengajar dengan bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item