Pendidikan Adab Sopan Santun Perspektif Kitab Bulugh AlMaram (Studi Kitab Bulugh Al-Maram Imam Abu Fadli Ahmad Bin Ali Bin Hajar al-‘Asqolani)

Ghozi S, Ach. (2015) Pendidikan Adab Sopan Santun Perspektif Kitab Bulugh AlMaram (Studi Kitab Bulugh Al-Maram Imam Abu Fadli Ahmad Bin Ali Bin Hajar al-‘Asqolani). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ach. Ghozi S_084 101 164.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adab sopan santun adalah suatu amal atau pekerjaan mulia di sisi Allah SWT. meski pelaksanaannya di dalam maupun di luar sekolah karena hal demikian ini sesuai dengan misi Rasul saw, kemuka bumi yaitu menyempurnakan akhlak manusia. Selanjutnya menjadi rujukan dan menjadi bagian kepribadian dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kitab hadith bernamakan Bulugh Al-Maram, merupakan salah satu kitab yang memberikan suatu gambaran pola hidup keseharian Nabi Muhammad saw. Secara social maupun Individu kepada Sang Maha Kuasa. Kitab ini memiliki barbagai macam pokok bahasan yang di antara sekian banyak pembahasan adalah bagaimana tatacara bergaul dengan masyarakat luas. Oleh karenanya penulis termotivasi untuk mengangkat sebuah pembahasan tersebut sebagai judul penelitian skripsi sekaligus wacana introspeksi diri. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan adab sopan santun? (2) Bagaimana pendidikan adab sopan santun perspektif kitab Bulugh Al-Maram?, sedangkan sub focus kajian dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan konsep pendidikan adab sopan santu. (2) Mendiskripsikan adab sopan santun perspektif kitab Bulugh Al-Maram. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan konsep pendidikan adab sopan santun. (2) Mendiskripsikan adab sopan santun perspektif kitab Bulugh Al-Maram. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis isi (Content Analisys), dan validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara garis besar pendidikan adab sopan santun yang dicontohkan dalam kitab Bulugh Al-Maramrasul saw adalah: (1) Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. (2) Adab sopan santun dalam suatu majelis. (3) Adab sopan santun seputar makan. (4) Adab sopan santun seputar berpakaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:45
Last Modified: 22 Feb 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item View Item