Internalisasi Nilai - Nilai Aswaja NU Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember

Hariri, Ahmad (2015) Internalisasi Nilai - Nilai Aswaja NU Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Hariri_084 101 323.pdf

Download (2MB)

Abstract

Krisis moralitas yang melanda bangsa Indonesia kian memprihatinkan. Oleh karena itu, Pondok pesantren Nurul Islam (NURIS) Jember sebagai representasi dari NU berupaya melestarikan ideologi Aswaja NU melalui internalisasi nilai- nilai Aswaja NU yang meliputi : tasammuh (toleran), tawassuth (moderat), i’tidal (lurus), dan tawazun (menyeimbangkan)yang bertujuan membentuk karakter santri yang moderat, cinta damai, dan membuka komunikasi dengan siapa saja. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses internalisasi nilai- nilai Aswaja NU dalam pembentukan karakter di Ponpes Nurul Islam Jember?. 2). Apa hambatan- hambatan dalam internalisasi nilai- nilai Aswaja NU dalam pembentukan karakter di Ponpes Nurul Islam Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mendeskripsikan proses internalisasi nilai- nilai Aswaja NU dalam pembentukan karakter ke Islaman dan karakter kebangsaan di Ponpes Nuris Jember. 2). Mengidentifikasi hambatan- hambatan dalam internalisasinya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan Miles dan Huberman yang terdiri dari : (a) Data reduction (Reduksi data). (b) Data display (Penyajian Data). (c) Conclusion drawing / verification (Penarikan kesimpulan dan verifikasi). Sementara itu, keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: pertama, Proses Internalisasi nilai- nilai Aswaja NU dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Nurul Islam (NURIS) Jember meliputi beberapa aspek diantaranya : (a) Kognitif, pada proses ini KH Muhyiddin Abdusshomad menulis beberapa buku tentang Ahl Al-Sunnah Wa Al- Jama’ah An- Nahdliyyah (Aswaja) NU diantaranya : Aqidah Ahl Al-Sunnah Wa Al- Jama’ah : Syarah dan Terjemah Aqidatul Awam, Hujjah NU, Fiqih Tradisionalis, dan Alhujjaju al – Qathiyyat Fi Sihhati al – Mu’taqidat wa al – Amaliyat an – Nahdliyyat, mengajarkannya di pesantren dan sekolah dengan mewajibkan hafalan serta dikembangkan dengan debat. (b) Afektif, dalam aspek ini, KH. Muhyiddin Abdusshomad sebagai figur teladan yang memberikan contoh sikap yang santun, ramah, menghargai perempuan, seimbang antara bekerja dan mendidik, menghargai tamu walaupun non muslim, lemah lembut dalam mendidik santri. (c) Psikomotorik, dengan metode pembiasaan melalui serangkaian kegiatan, Pondok Pesantren Nurul Islam berperan dalam pembentukan karakter keIslaman dan Lembaga Formal (SMP, SMK, SMA dan Mts Unggulan, MA Unggulan Nuris) berperan penting dalam pembentukan karakter kebangsaan. Kedua, hambatan dalam internalisasi nilai – nilai aswaja NU dalam pembentukan karakter santri meliputi beberapa hal diantaranya : (a) Santri kurang mampu membaca kitab kuning sehingga kurang aktif dalam bahtsu al - masa’il. (b) Nuris berdekatan dengan sekolah Formal lain yang tidak begitu sejalan dengan visi Nuris sehingga keseriusan anak dalam belajar sering terganggu. (c) Kematangan berfikir anak masih rendah. (d) Santri kesulitan dalam memahami istilah dalam buku karya KH. Muhyiddin Abdusshomad. (e) Sikap tasammuh kepada non muslim belum sepenuhnya mampu di terapkan oleh santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:45
Last Modified: 22 Feb 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19022

Actions (login required)

View Item View Item