Implementasi Pendidikan Humanis dalam Mewujudkan Kesadaran tentang Urgensi Pendidikan Pada Siswa MAN 2 Jember.

Imron, Ahmad Muzakki (2015) Implementasi Pendidikan Humanis dalam Mewujudkan Kesadaran tentang Urgensi Pendidikan Pada Siswa MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Muzakki Imron_084 111 109.pdf

Download (912kB)

Abstract

Pendidikan adalah faktor utama dalam memberi pengaruh, membentuk watak, karakter, dan kepribadian seorang anak. Maka dengan pendidikan humanis dapat menjadikan anak sebagai manusia yang memiliki kesadaran atas nilai-nilai kemanusiaan yaitu menghargai diri sendiri sebagai manusia, memanfaatkan potensi dalam diri, dan sadar atas kekuatan akhir yang mengatur kehidupan ini. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan manusia yang menghargai diri sebagai manusia pada siswa MAN 2 Jember ? 2) Bagaimana implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan manusia yang memanfaatkan potensi diri sesuai kemampuan siswa MAN 2 Jember ? 3) Bagaimana implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan manusia yang sadar atas kekuatan akhir yang mengatur kehidupan pada siswa MAN 2 Jember ? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan ,manusia yang menghargai diri sebagai manusia pada siswa MAN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan manusia yang memanfaatkan potensi diri sesuai kemampuan pada siswa MAN 2 Jember. 3) Mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan manusia yang sadar atas kekuatan akhir yang mengatur kehidupan pada siswa MAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapang. Dalam penentuan subyek penelitian mengggunakan purposive sampling Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Bahwasanya implementasi pendidikan humanis dalam mewujudkan kesadaran tentang urgensi pendidikan pada siswa di MAN 2 Jember sudah terlaksana dengan baik. Yang mana diterapkannya pendidikan humanis tersebut dengan bertujuan agar siswa memiliki kesadaran didalam diri dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ketentuan-ketentuan Syariat Islam dan nilai-nilai kemanusiaan, diantaranya 1) Kesadaran menghargai diri sebagai manusia yaitu Siswa diwajibkan berakhlak naik kepada Allah SWT, Rasulullah SAW, Kedua Orang Tua, Sesama, dan diri sendiri. 2) Kesadaran memanfaatkan potensi diri yairu siswa menerapkan Potensi Beragama, Potensi Berakal Budi, Potensi Kesucian- Kebersihan, Potensi Bermoral-Berakhlak, dan Potensi Sosial. 3) Kesadaran adanya kekuatan akhir yang mengatur kehidupan yaitu siswa diwajibkan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Jadi, Siswa MAN 2 Jember dicetak menjadi manusia yang dapat memaksimalkan dan menyeimbangkan antara Hablun Minallah dan Hablun Minannas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item