Pengaruh Penggunaan Pendekatan Metode Directive Dalam Bimbingan Konseling Terhadap Tingkah Laku Siswa Di Madrasah Aliyah Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Aroida, Fani Ida (2015) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Metode Directive Dalam Bimbingan Konseling Terhadap Tingkah Laku Siswa Di Madrasah Aliyah Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fani Ida Aroida_084 111 121.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumberdaya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan peserta didik tersebut. Pendidikan sebagai transformasi nilai, dalam prosesnya harus selalu memperhatikan siswa sebagai subyek pendidikan, dalam hal ini ranah psikologis siswa. Penelitian ini berusaha mengungkapkan pokok permasalahan tentang, Apakah ada pengaruh penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan umum dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan khususnya yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di sekolah di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/ 2016. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di rumah di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII yang berjumlah 220 siswa dan jumlah sampelnya adalah 85 siswa. Adapun dalam menentukan sampel tersebut peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala, interview dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan rumus: = a + bX Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh positif antara penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/ 2016. Dengan rxy sebesar 0.531 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.96 maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 32.657>3,96. Secara khusus kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan 1) bahwa Ada pengaruh positif antara penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di sekolah di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/2016. Dengan rxy sebesar 0.554 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.96 maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 36.692 > 3,96. 2) bahwa Ada pengaruh positif antara penggunaan pendekatan metode directive dalam bimbingan konseling terhadap tingkah laku siswa di rumah di Madrasah Aliyah Darus Sholah tahun pelajaran 2015/2016. Dengan rxy sebesar 0.445 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.96 maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 20.551 > 3,96.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:43
Last Modified: 22 Feb 2023 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item View Item