: Perlindungan Hukum Terhadap Karyawan PT. Milba Cabang Jember Dengan Sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Menurut UndangUndang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Fiqh Muamalah.

Saptaningtyas, Merrinda (2018) : Perlindungan Hukum Terhadap Karyawan PT. Milba Cabang Jember Dengan Sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Menurut UndangUndang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Fiqh Muamalah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Merrinda Saptaningtyas_083 142 045.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perlindungan Hukum merupakan pemberian pengayoman terhadap hak asasi manusia (HAM) yang dirugikan orang lain dan perlindungan itu diberikan oleh hukum. namun dalam kenyataannya di PT Milba cabang Jember masih banyak perlindungan terhadap karyawan yang belum terpenuhi dengan baik seperti halnya tidak ada perjanjian kerja secara tertulis yang mengakibatkan pelaksanaan sistem kerja yang tidak sesuai dengan semestinya bahkan jauh dari Peraturan Perundang-Undangan yang telah ditentukan yaitu Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Selain peraturan PerundangUndangan dalam Islam juga terdapat dalam Fiqh dan Fiqh Muamalah Maka dari itu, timbullah pertanyaan dari peneliti mengenai (1) Bagaimana bentuk dan pelaksanaan sistem kerja terhadap karyawan di PT Milba cabang jember? (2) Bagaimana akibat Hukum pelaksanaan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) terhadap karyawan di PT Milba cabang Jember ? (3) Bagaimana perlindungan Hukum terhadap karyawan PT Milba cabang Jember dengan sistem perjanjian waktu tertentu (PKWT) menurut Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Fiqh Muamalah? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Kualitatif, dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) . Dilakukan dengan mendeskripsikn segala sesuatu yang terkait dengan fenomena, bagaimana Perlindungan Hukum terhadap karyawan PT Milba cabang Jember dengan sistem perjanjian kerja waktu tertentu. prespektif partisipan atau orang-orang yang peneliti ajak wawancara, observasi memberikan data serta pendapatnya terkait dengan fenomena tersebut. Kesimpulan penting dalam penelitian ini ialah (1) Bahwa bentuk dan pelaksanaan sistem Kerja terhadap Karyawan di PT Milba cabang Jember. mengenai perjanjian kerjanya belum memenuhi aturan perundang-undangan yang berlaku. (2) Bahwa Akibat Hukum Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) di PT Milba cabang Jember. tidak adanya kontrak kerja secara tertulis di PT Milba cabang Jember yaitu yang pertama para pegawai takut diberhentikan secara tiba-tiba karena tidak adanya kontrak kerja atau jangka waktu kerjanya yang menuliskan berapa lama mereka harus bekerja, selain itu juga timbul permasalahan mengenai waktu kerja, upah dan jaminan-jaminan yang tidak diterima oleh para pekerja. (3) Bahwa Perlindungan Hukum Terhadap Karyawan PT Milba cabang Jember dengan Sistem Perjanjian Kerja Waktu tertentu Menurut Undang-Undang No 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Fiqh Mu’amlah. Belum sepenuhnya terpenuhi baik dalam Undang-Undang maupun Fiqh Mu’amalah, Dalam kenyatannya karyawan di PT Milba cabang Jember tidak mendapat Jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19034

Actions (login required)

View Item View Item