Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015.

Ain, Muhammad (2015) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ain_084 111 144.pdf

Download (1MB)

Abstract

. Skripsi ini dilatarbelakangi berdasarkan berita yang dimuat di media massa dan televisi yang memberitakan tentang rendahnya kecerdasan emosional yang dimiliki remaja-remaja kita saat ini, sehingga itu berimbas pada perilaku mareka. Fenomena tersebut menggambarkan bahwa kurangnnya pengetahuan tentang diri (EQ) tidak dimiliki siswa, akibatnya terjadi “kekosongan” yang kemudian di isi oleh sentimen, kemarahan, kesombongan dan sifat-sifat buruk lainnya, yang menggerakkan untuk berbuat jahat. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gambaran kecerdasan emosional secara kuantitatif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. 2) Bagaimana gambaran perilaku siswa secara kuantitatif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. 3) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kecerdasan Emosional dan Perilaku Siswa secara kuantitatif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember serta untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Siswa di SMK Negeri 5 Tahun Pelajaran 2014/ 2015.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI SMK Negeri 5 yang berjumlah 1799 siswa. Jumlah sampel 180 siswa. Dalam menentukan sampel tersebut peneliti menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis, yaitu: Analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment.Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) gambaran kecerdasan emosional dengan prosentase 75% dari 180 responden berjumlah 135 dalam kategori baik, 25% dari 180 responden berjumlah 45 dalam kategori sedang, dan 0% dari 180 responden berjumlah 0 dalam kategori kurang. 2) gambaran perilaku siswa dengan prosentase 88,89% dari 180 responden berjumlah 160 dalam kategori baik, 11,11% dari 180 responden berjumlah 20 dalam kategori sedang, dan 0% dari 180 responden berjumlah 0 dalam kategori kurang. 3) karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,409 > 0,146) yang berada dalam kategori interpretasi 0,40 – 0,599, maka “Ada Pengaruh Positif Yang Sedang Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19037

Actions (login required)

View Item View Item