Sinergitas Komunitas Lokal Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Arisan Ibu Hamil Desa Lobuk Kecamatn Bluto Kabupaten Sumenep)

Aini, Nor (2018) Sinergitas Komunitas Lokal Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah (Studi Arisan Ibu Hamil Desa Lobuk Kecamatn Bluto Kabupaten Sumenep). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nor Aini_083141029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Desa Lobuk mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Jam kerja yang tidak menentu membuat mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk keluarga. Khususnya untuk menemani istri yang sedang hamil. Penghasilan yang tidak seberapa dan tidak menentu setiap harinya membuat mereka berfikir keras untuk mempersiapkan biaya dan segala sesuatu yang dibutuhkan saat persalinan. Arisan ibu hamil adalah kelompok arisan yang anggotanya hanya terdiri dari ibuibu hamil. Adapun tujuan arisan ibu hamil sendiri adalah mempertinggi tingkat kesehatan dan mewujudkan kesejahteraan keluarga di desa Lobuk. Untuk mewujudan tujuan utamanya maka arisan ibu hamil melakukan kerjasama dengan Ikatan pemuda Lobuk agar tujuan yang dicapai lebih baik. Dengan adanya sinergi arisan ibu hamil diharapkan mampu membantu para keluarga ibu hamil dari golongan kelas menengah kebawah untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera agar tercipta keluarga sakinah.. Sehingga dari masalah di atas peneliti merumuskan: 1) bagaiman profil arisan ibu hamil 2) bagaimana peran arisan ibu hamil terhadap pembentukan keluarga sakinah? 3) faktor apa saja yang menghambat dan mendorong keberhasilan pelaksanaan komunitas arisan ibu hamil terhadap pembentukan keluarga sakinah? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan sinergitas komunitas arisan ibu hamil terhadap pembentukan keluarga sakinah. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. dari keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) profil arisan ibu hamil yaitu kelompok arisan yang anggotaanya hanya dari ibu-ibu hamil., Tujuan arisan ibu hamil sendiri adalah mempertinggi tingkat kesehatan ibu dan bayi dan mewujudkan kesejahteraan keluarga di desa Lobuk. Kegiatannya dilakukan secara tatap muka yang diisi dengan pemberian materi dilanjutkan dengan melakukan senam. 2) Kegiatan-kegiatan yang dilakukan komunitas arisan ibu hamil seperti penyampaian materi, konsultasi, kegiatan senam, dan kerjasama dengan ikatan pemuda Lobuk telah mampu memenuhi beberapa aspek untuk mewujudkan keluarga sakinah. Yaitu aspek kesehatan, ekonomi, dan pembinaan keluarga. 3) faktor pendukung atau pendorong adalah besarnya harapan dan dukungan serta kemauan masyarakat akan terwujudnya keluarga yang sehat sejahtera lahir dan batin, yang diliputi suasana sakinah. Adapun yang menjadi faktor penghambat diantaranya adalah: Belum optimal pelaksanaannya karena terbatasnya sarana dan prasana yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item View Item