Keterlibatan orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak (Studi kasus di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember)

Zahro, Riza Umu (2015) Keterlibatan orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak (Studi kasus di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riza Umu Zahro_084111291.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha dari setiap bangsa dan negara untuk mewariskan pengetahuan dari generasi ke generasi. Pendidikan tersebut juga diharapkan dapat menciptakan anak yang berkualitas dan berdaya saing yang tinggi untuk menghadapi persaingan di era global dewasa ini. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu penekanan dari tujuan pendidikan, Dilihat dari segi pendidikan,keluarga merupakan satu kesatuan hidup (sistem sosial), dan keluarga menyediakan situasi belajar. Sebagai satu kesatuan hidup bersama (sistem sosial), keluarga terdiri dari ayah,ibu,dan anak. Ikatan kekeluargaan membantu anak menggembangkan sifat persahabatan, cinta kasih, hubungan antar pribadi, kerja sama, disiplin, tingkah laku yang baik, serta pengakuan akan kewibawaan. Penelitian ini mengangkat fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana keterlibatan orang tua dalam mendidik untuk meningkatkan minat belajar anak? 2) Bagaimana keterlibatan orang tua dalam melindungi untuk meningkatkan minat belajar anak? 3) Bagaimana keterlibatan orang tua dalam memelihara untuk meningkatkan minat belajar anak? Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk menganalisis keterlibatan orang tua dalam mendidik untuk meningkatkan minat belajar anak. 2) Untuk menganalisis keterlibatan orang tua dalam melindungi untuk meningkatkan minat belajar anak. 3) Untuk menganalisis keterlibatan orang tua dalam memelihara. untuk meningkatkan minat belajar anak. Pengumpulan data menggunakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Desa Sabrang, subjek penelitian,teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter terhadap data-data yang diperlukan.Tekhnik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif reflektif yang mempunyai langkah-langkah sebagai berikut yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta validitas data, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterlibatan orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak sudah terlaksana relatif baik. Namun perlu adanya peningkatan dalam mendidik yaitu mendidik dengan nasihat dan pengawasan yang sangat ketat terhadap kehidupan anak khususnya terhadap peningkatan minat belajarnya. Para orang tua adalah faktor terpenting dalam melindungi anak-anak dari bahaya, Kunci utama dalam merawat, membesarkandan mendidik anak kita adalah paradigma berfikir kita tentang status anak didalam kehidupan kita suami istri harus jelas dulu, apakah sebagai aset atau sebagai titipan Tuhan yang wajib kita pelihara, rawat, besarkan dan di didik dijalan Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:44
Last Modified: 22 Feb 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19042

Actions (login required)

View Item View Item