Manajemen Zakat Secara Produktif Dalam Mengentaskan Kemiskinan (Study Kasus Pengelolaan dan Pendistribusian Zakat Di BAZNAS Kabupaten Bondowoso).

Alamy, Berlian Mifta (2015) Manajemen Zakat Secara Produktif Dalam Mengentaskan Kemiskinan (Study Kasus Pengelolaan dan Pendistribusian Zakat Di BAZNAS Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Berlian Mifta Alamy_083 112 005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zakat adalah suatu kewajiban bagi umat Islam yang telah ditetapkan dalam Alquran, sunah nabi, dan ijma’ para ulama. Zakat merupakan salah satu instrumental dalam mengentaskan kemiskinan. Dalam pengelolaan zakat, pengumpulan dan pendistribusian zakat merupakan dua hal yang sama penting dalam mendukung penanganan masalah sosial. Konsep zakat produktif merupakan konsep paling memungkinkan lebih efektif terwujudnya tujuan zakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan. Latar belakang penelitian ini yaitu, BAZNAS Bondowoso sebagai organisai amil zakat berperan membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai problem sosial ekonomi masyarakat. Pengumpulan dan pendistribusian zakat merupakan dua hal yang penting. Dana zakat yang terkumpul harus didayagunakan dengan baik dan pendistribusian zakat haruslah disalurkan kepada para mustahik. Pendistribusian zakat secara produktif paling memungkinkan lebih efektif terwujudnya tujuan zakat. Dengan demikian zakat bukan hanya sematamata menjadi tujuan akan tetapi sebagai sarana mencapai tujuan . Konsep masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana sistem manajemen zakat secara produktif di BAZNAS Kabupaten Bondowoso?, 2) Apa saja sumber dana penerimaan zakat di BAZNAS Kabupaten Bondowoso?, 3) Apa saja sasaran distribusi zakat secara produktif dalam mengentaskan kemiskinan?, 4) Apa saja kendala mengelola dan mendistribusikan zakat secara produktif?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen pengelolaan zakat produktif, untuk mengetahui sumber dana zakat di BAZNAS Kabupaten Bondowoso, untuk mengetahui sasaran pendistribusian zakat produktif dalam mengentaskan kemiskinan dan untuk mengetahui kendala dalam mengelola dan mendistribusikan zakat produktif. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahann data yang diperoleh, peneliti melakukan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa BAZNAS Kabupaten Bondowoso dalam mengelola zakat secara professional dan amanah dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas dan transparasi sudah berhasil untuk mengubah para mustahik menjadi muzakki meskipun hasilnya masih belum sepenuhnya sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:05
Last Modified: 22 Feb 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item View Item