Peranan Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi di KUD Marem Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2014).

Prasetyo, Eko Bayu (2015) Peranan Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi di KUD Marem Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2014). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eko Bayu Prasetyo_083 102 024.pdf

Download (957kB)

Abstract

Koperasi Unit Desa adalah koperasi yang beranggotakan masyarakat pedesaan. Koperasi ini melakukan kegiatan usaha ekonomi pedesaan, terutama pertanian. Koperasi yaitu suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, dengan bekerjasama secara kekeluargaan dalam menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan para anggotanya. Koperasi dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima simpanan dan tabungan. Kemudian koperasi juga dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang bagi anggota koperasi yang membutuhkannya. Selain pembiayaan, faktor lain yang mendapat perhatian khusus dapat dilihat dari segi likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Bagaimana Peranan Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi di KUD Marem Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember)? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong keberhasilan KUD Marem dalam menjalankan kegiatan, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh koperasi dan 3) Untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh KUD Marem dalam mengoptimalkan kesejahteraan anggota. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif. Dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, bahwasannya pembelajaran yang direncanakan dengan baik, akan menempatkan koperasi pada posisi yang sehat dilihat dari segi likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan atau laba dalam suatu periode tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:05
Last Modified: 22 Feb 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item