Pendayagunaan Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) Untuk Beasiswa Pendidikan (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat AZKA Al – Baitul Amin Jember)

Nurdiana, Layli (2015) Pendayagunaan Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) Untuk Beasiswa Pendidikan (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat AZKA Al – Baitul Amin Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Layli Nurdiana_083 102 0712.pdf

Download (735kB)

Abstract

Persoalan ekonomi merupakan hal yang sangat krusial bagi kehidupan individu, masyarakat dan Negara. Kesejahteraan dan ketentraman hidup suatu Negara dapat dilihat dari gambaran ekonomi masyarakatnya. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa secara makro di Negara kita Indonesia ini banyak jumlah keluarga yang berada dibawah garis kemiskinan. Zakat memiliki peranan yang sangat strategis dalam upaya pengentasan kemiskinan atau pembangunan ekonomi. Pokok masalah penelitiannya yaitu: Bagaimana pendayagunaan zakat infaq shodaqoh (ZIS) untuk beasiswa pendidikan (studi kasus di LAZ AZKA Al- Baitul Amin Jember) ? sedangkan sub pokok masalah meliputi (1) Bagaimana pengumpulan zakat infaq shodaqoh (ZIS) untuk beasiswa pendidikan (studi kasus di LAZ AZKA Al-Baitul Amin Jember) (2) Bagaimana penyaluran zakat infaq shodaqoh (ZIS) untuk beasiswa pendidikan (studi kasus di LAZ AZKA Al-Baitul Amin Jember) (3) Bagaimana implikasi pendayagunaan zakat infaq shodaqoh (ZIS) terhadap peningkatan pendidikan (Di LAZ AZKA Al-Baitul Amin Jember)? Tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mendekripsikan bagaimana pendayagunaan zakat infaq shodaqoh (ZIS) untuk beasiswa pendidikan (studi kasus di LAZ AZKA Al-Baitul Amin Jember). Sedangkan tujuan khususnya meliputi (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengumpulan zakat infaq shodaqoh (ZIS) untuk beasiswa pendidikan (studi kasus di LAZ AZKA Al-Baitul Amin Jember) (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana penyaluran zakat infaq shodaqoh (ZIS) untuk beasiswa pendidikan (studi kasus di LAZ AZKA Al-Baitul Amin Jember) (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana implikasi pendayagunaan zakat infaq shodaqoh (ZIS) terhadap peningkatan pendidikan (Di LAZ AZKA Al- Baitul Amin Jember) Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif sedangkan subyek penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) dan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Analisis datanya terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk menegecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari hasil yang diperoleh peneliti sebagai berikut: pengumpulan ZIS dilakukan dengan tiga cara, melalui kantor, fund rising serta BANK konvensional sedangkan penyalurannya adalah dengan mendata para asnaf yang berhak untuk mendapatkan beasiswa yang sebelumnya sudah sudah dilakukan pengecekan dan untuk pendayagunaan beasiswa untuk pendidikan sudah bisa dikatakan tepat sasaran karna masyarakat jember khususnya sudah merasa sanga terbantu terlebih lagi untuk masyarakat yang perekonomiannya lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:05
Last Modified: 22 Feb 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19064

Actions (login required)

View Item View Item