Peran Retribusi Parkir Dalam Meningkatkan Pendapatan asli daerah (PAD) dan Pembangunan Kabupaten Jember Ditinjau Menurut Hukum Ekonomi Islam

Marom, Nailuk (2015) Peran Retribusi Parkir Dalam Meningkatkan Pendapatan asli daerah (PAD) dan Pembangunan Kabupaten Jember Ditinjau Menurut Hukum Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nailuk Marom_083 102 058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana peran Retribusi Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jember. Kedua, Upaya apa yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan penerimaan Retribusi Parkir. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kontribusiretribusi parker terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Jember dalam mengoptimalkan penerimaan dari retribusi parkir. 3). Untuk mendeskripsikan tinjauan hukum Islam terhadap pemungutan retribusi parkir di kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data : observasi, interview, dokumentasi. Metode informan menggunakan teknik urposive. Adapun analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber yaitu pengecekan keabsahan data melalui sumber yang lain/di luar data. Berdasarkan hasil temuan data, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah kabupaten Jember memiliki peranan cukup signifikan dari PAD Jember 2014 yaitu sebagai penunjang PAD Kabupaten Jember, mendukung pembangunan Daerah di Kabupaten Jember dan menciptakan lapangan pekerjaan bag imasyarakat. Memberikan pembinaan bagi calon petugas dan petugas parkir. Sedangkan upaya yang di lakukan oleh pemerintah daerah memberikan atribut resmi bagi petugas parkir. Perlunya meningkatkan patroli dan pengawasan rutin serta mempertegas sanksi pelanggaran aturan terhadap oknum pengelola retribusi parkir yang melanggar, perlunya dilakukan analisis potensi / peluang titik parker baru dan penyusunan rencana tata ruang parkir, parkir. Perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi ketentuan parkir melalui sosialisasim, perlunya penertiban parkir liar di tepi jalan umum. Rumusan hukum Ekonomi Islam dalam memandang pemungutan retribusi parkir merupakan satu bentuk penekanan dasar bahwa retribusi parkir sama dengan praktek Ijarah berdasarkan ketentuan hukum dalam nash, hadis dan ijtihad para ulama, dapat dikatakan sebagai pemanfaatan jasa sesuatu yang dikontrak. Jika dikontekskan dalam praktek retribusi parkir di kabupaten Jember, maka sebenarnya kandungan praktik ijarah dalam pelaksanaan retribusi ini adalah diperbolehkan (mubah) dengan catatan melalui jalur yang resmi atau berdasarkan kententuan yang berlaku, yakni Perda No. 22 Tahun 2008 tentng Retribusi Parkir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:06
Last Modified: 22 Feb 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19070

Actions (login required)

View Item View Item