Penerapan Metode Dakwah Bil-lisan dan Bil-hal Jama’ah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali.

Alhadi, Abdul Rosyid (2019) Penerapan Metode Dakwah Bil-lisan dan Bil-hal Jama’ah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Rosyid Alhadi_T20151218.pdf

Download (1MB)

Abstract

Markas Zakaria adalah markas pusat Jama’ah Tabligh Provinsi Bali. Penerapan dakwah Jama’ah Tabligh berbeda dengan gerakan dakwah pada umumnya. Prinsip dakwah mereka dengan meninggalkan hal-hal furu’ dan lebih memilih menggunakan bahan ajar kitab-kitab fadhiilah amal. Meski menjadi salah satu mediator hijrah yang populer melalui dakwah yang berbasis di masjid, banyak pula hambatan dakwah seperti pengusiran dan penolakan dari masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Penerapan dakwah billisan Jama’ah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali, 2) Penerapan dakwah bil- hal Jama’ah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali, 3) Materi dakwah Jama’ah Tabligh Denpasar Bali, 4) Faktor pendukung dakwah bil-lisan dan bil-hal Jamaah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali, 5) Mendeskripsikan faktor penghambat dakwah Jama’ah Tabligh dan solusinya di Markas Zakaria Denpasar Bali. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dakwah bil-lisan Jama’ah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali, 2) Mendeskripsikan dakwah bil-hal Jama’ah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali, 3) Mendeskripsikan materi dakwah Jama’ah Tabligh Denpasar Bali, 4) Mendeskripsikan faktor pendukung dakwah bil-lisan dan bil-hal Jamaah Tabligh Markas Zakaria Denpasar Bali, 5) Faktor penghambat dakwah Jama’ah Tabligh dan solusinya di Markas Zakaria Denpasar Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) bahwa penerapan dakwah bil-lisan Jama’ah Tabligh terdiri dari bayan yakni halaqoh kecil dengan membacakan satu fadhilah amal di setiap selesai sholat fardu, taqrir yakni motivasi tentang dakwah, khuruj yakni keluar dari rumah untuk berdakwah, dan musyawarah yakni berdiskusi untuk menetukan hal-hal yang berkaitan dengan agenda dakwah. 2) Sedangkan dakwah bil-hal Jama’ah Tabligh yakni kegiatan jaulah yang merupakan kegiatan silaturahmi kepada warga sekitar dengan mengutamakan ukhuwah serta adab yang baik, 3) Adapun materi dakwah Jama’ah Tabligh adalah kitab fadhilah ‘amal, kitab hadits yang memuat tentang keutamaan suatu amalan, fadhilah sedekah yakni kitab yang membahasa tentang keutamaan bersedekah, dan hayatus shohabah yakni kitab yang membahas tentang kisah para sahabat Nabi, 4) Faktor pendukung dakwah mereka adalah tempat, dalam hal ini adalah masjid sebagai basis dakwah mereka, 5) Faktor penghambat dakwah Jamaah Tabligh adalah respon negatif masyarakat dan untuk menyelesaikannya dengan cara akhlak seperti ikhlas meluruskan niat, bertabayyun, dan berhusnudzon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:42
Last Modified: 23 Feb 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item View Item