Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qarib dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Fiqih bagi Santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember

Muthoharoh, Afkarina (2019) Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qarib dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Fiqih bagi Santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afkarina Muthoharoh_T20151386.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fiqih merupakan salah satu cabang ilmu agama Islam yang biasanya dianggap paling penting. Fiqih mengandung berbagai implikasi bagi pelaku keseharian individu maupun masyarakat. Masih banyak yang belum mengetahui tata cara beribadah dengan benar, padahal kehidupan seorang muslim tidak bisa lepas dari aturan-aturan fiqih. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran materi fiqih guna meningkatkan pemahaman terhadap ilmu fiqih. Adapun fokus penelitiannya yaitu: 1. Bagaimana impelemtasi pembelajaran kitab fathul qarib dalam meningkatkan kemampuan menerjemah bagi santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember?, 2. Bagaimana impelemtasi pembelajaran kitab fathul qarib dalan meningkatkan kemampuan menginterpretasi bagi santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember?, 3. Bagaiamana impelemtasi pembelajaran kitab fathul qarib dalan meningkatkan kemampuan mengekstrapolasi bagi santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menjelaskan impelemtasi pembelajaran kitab fathul qarib dalam meningkatkan kemampuan menerjemah fiqih bagi santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember. 2. Untuk menjelaskan impelemtasi pembelajaran kitab fathul qarib dalam meningkatkan kemampuan menginterpretasi fiqih bagi santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember. 3. Untuk menjelaskan impelemtasi pembelajaran kitab fathul qarib dalam meningkatkan kemampuan mengekstrapolasi fiqih bagi santri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Dengan pengambilan informan menggunakan purposive. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analis data dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi. Serta untuk menguji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa: Pada pelaksaanaannya kemampuan menerjemahkan santri dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia relatif sama di masing-masing kelas. Ustad membaca santri memberi makna menggunakan Arab pego dan santri membaca satu per satu serta menjelaskan maksudnya. Kemampuan interpretasi santri dalam hal ini belum sepenuhnya memahami materi yang diajarkan pada hari itu, mereka juga menggunakan kitab lain sebagai bahan rujukan. Kemampuan ekstrapolasi dalam pelaksanaanya santri dapat memberikan kesimpulan materi menggunakan bahasanya sendiri, mereka dapat mengambil kesimpulan dari keterangan yang disampaiakan ustad dengan keterangan yang berada di kitab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:42
Last Modified: 23 Feb 2023 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item View Item