Pendidikan Karakter Religius melalui Dzikir di Majelis Al-Hasby Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.

Darojah, Alfin Zakiah (2019) Pendidikan Karakter Religius melalui Dzikir di Majelis Al-Hasby Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfin Zakiah Darojah_084 141 311.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lembaga pendidikan belakangan ini agak keteteran dalam menghadapi berbagai persoalan internasional seiring kehadiran globalisasi yang membawa perubahan secara drastis bagi pelaku dan tingkah laku generasi muda yang menjadi harapan bangsa dan negara. Mengingat generasi muda adalah berbagai pioner pembangunan, penerus kepemimpinan bangsa, dan pelestari nilai-nilai budaya lokal dalam membendung segala bentuk westernisasi yang bisa mengancam moralitas mereka. Persoalan ini muncul akibat kurangnya perhatian dari lembaga pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap perilaku kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius melalui Dzikir di Majelis AL-Hasby Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?, 2) bagaimana konstribusi kegiatan Dzikir Al-Hasby dalam mengembangkan karakter religius di Majelis Al-Hasby Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut 1) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui Dzikir di Majelis Al-Hasby Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. 2. Mendeskripsikan tentang konstribusi kegiatan Dzikir Al-Hasby dalam mengembangkan karakter religius di Majelis Al-Hasby Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam pendidikan ini adalah Kualitatif dan jenis Penelitian deskriptif. Teknik penentuan subjek peneliti menggunakan Teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini 1) Pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui Dzikir di Majelis Al-Hasby dilaksanakan 2 kali setiap minggunya yaitu malam jum’at dan malam minggu, Di majelis ini menggunakan Dzikir Jali dengan metode Jahar (suara keras), dengan tahapan-tahapan awal penyampaian tausiyah, tawassul, syahadat, istighfar, takbir, ismul a’dzam,la hawla wa la quwwata illa billahi aliyyil adzim, sholawat, pembacaan 3 surat terakhir, tahlil, hasbunallah wa ni’mal wakil dan diakhiri dengan doa. 2) Konstribusi yang berikan terhadap kegiatan dzikir al-hasby yaitu bahwa pengamalan dzikir dan pendidikan dzikir mampu memberikan semangat untuk mengembangkan pola berpikir yang sehat dan positif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, meningkatkan keimanan, meningkat ibadah dan amal sholeh, menjadi sarana dalam mencapai kebahagiaan dunia akhirat dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19109

Actions (login required)

View Item View Item