Kontribusi Pendidikan Keagamaan Dalam Membina Kepedulian Sosial Masyarakat di Sekitar Masjid Baitur Rohim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember.

Azizah, Alvinatul Laili Nur (2019) Kontribusi Pendidikan Keagamaan Dalam Membina Kepedulian Sosial Masyarakat di Sekitar Masjid Baitur Rohim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alvinatul Laili Nur Azizah_T20151043.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pendidikan Keagamaan adalah pendidikan yang memberikan bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian yang memiliki nilai-nilai agama Islam , memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam, dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam Tegal Gayam adalah dusun yang memiliki aspek pemberdayaan, dan pembinaan masyarakat dalam wadah kajian pendidikan keagamaan yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dan menjadikan manusia yang dapat mengimbangi pola hidup yang bermanfaat bagi orang lain Pendidikan Keagamaan ini di laksanakan di Masjid Baitur Rohim yang di laksanakan setiap malam selasa ba’da isya’ hingga selesai. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:(1)Bagaimana kontribusi pendidikan keagamaan dalam membina kepedulian sosial masyarakat di sekitar Masjid Baitur Rahim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember untuk melakukan aksi sosial?(2)Bagaimana kontribusi pendidikan keagamaan dalam membina kepedulian sosial masyarakat di sekitar Masjid Baitur Rahim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember untuk berempati terhadap sesama?(3)Bagaimana kontribusi pendidikan keagamaan dalam membina kepedulian sosial masyarakat di sekitar Masjid Baitur Rahim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember untuk membangun kerukunan. Adapun tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan: (1)kontribusi pendidikan keagamaan dalam membina kepedulian sosial masyarakat di sekitar Masjid Baitur Rahim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember untuk melakukan aksi sosial. (2)kontribusi pendidikan keagamaan dalam membina kepedulian sosial masyarakat di sekitar Masjid Baitur Rahim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul untuk berempati terhadap sesama (3) kontribusi pendidikan keagamaan dalam membina kepedulian sosial masyarakat di sekitar Masjid Baitur Rahim Tegal Gayam Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember untuk membangun kerukunan. Metode yang di gunakan adalah pendekatan kualitataif deskriptif menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter, analisis data menggunakan analisis interaktif dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data penarikan kesimpulan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: kajian pendidikan keagamaan di laksanakan setiap malam selasa ba’da isya’ hingga selesai. Dalam proses berlangsungnya pembelajaran para jamaah hanya mendengarkan saja dan ustadz yang membacakan kitab dan di beri pertanyaan guna memahami dan dapat mengamalkan ilmu yang telah di dapat dan dalam aksi sosial yang nyata terjadi adalah saling bergotong royong dalam pemasangan atap di masjid Baitur Rohim. Berempati terhadap tetangga yang tertimpa musibah dan mengikuti kegiatan keagamaan di desa guna membangun masyarakat yang hidup rukun dan damai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19110

Actions (login required)

View Item View Item