Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikiler Hadrah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di MAN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rudianto, Arif (2019) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikiler Hadrah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di MAN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arif Rudianto_084 141 103.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan karakter religius dibagi dalam empat pilar, yakni kegiatan belajar mengajar dikelas; kegiatan keseharian dalam bentuk pengembangan budaya satuan pendidikan; kegiatan ekstrakurikuler; serta kegiatan keseharian dirumah dan masyarakat. Dalam prakteknya dalam membentuk karakter religius lebih banyak dilakukan di kelas, karena kelas merupakan tempat siswa mendapatkan pengetahuan baru. Selain di dalam kelas kegiatan ekstrakurikuler merupakan tempat yang berpotensi dalam pembentukan karakter religius siswa, salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah, dimana ekstrakurikuler hadrah menjadi wadah pembentukan karakter religius dan mengembangkan potensi dan prestasi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana faktor penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Banyuwangi Tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Banyuwangi berlangsung pada setiap hari sabtu pada jam 12.30. Pada setiap kegiatan rutinnya selalu didampingi oleh pembina hadrah. Pembina hadrah lebih dahulu memberikan pembukaan/arahan yamg berupa motivasi-motivasi supaya para anggota hadrah lebih semangat dalam menjalankan kegiatannya dan secara tidak langsung membentuk karakter religius melalui mukadimah tersebut. 2) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Banyuwangi yaitu faktor dari siswa, guru, sarana dan prasarana. Yang dimana seluruh golongan keluarga besar MAN 1 Banyuwangi berkerjasama untuk melancarkan proses kegiatan pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan. 3) faktor penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Banyuwangi yaitu terdapat dua faktor, antara lain faktor individual siswa dan faktor dari segi pelatih hadrah, yang sulit mencari pelatih untuk tetap mendampingi anak-anak latihan pada setiap minggunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19115

Actions (login required)

View Item View Item