Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Praktikum Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Kelas IX Materi Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari di SMP Negeri 1 Rambipuji.

Yasmin, Arini Dina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Praktikum Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Kelas IX Materi Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari di SMP Negeri 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arini Dina Yasmin _T201510016.pdf

Download (19MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yaitu jenis ilmu pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan cara observasi, eksperimen, penyimpulan pembentukan toeri antara yang satu dengan yang lainnya yang dikenal dengan metode ilmiah. Faktanya penerapan pembelajaran IPA di sekolah masih kurang afektif, akibatnya aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik rendah, mengantisipasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan keterampilan psikomotorik dengan penyajian materi yang menarik, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga peserta didik lebih aktif. Model pembelajaran yang diperlukan untuk mengedepankan aktivitas peserta didik, dimana pserta didik memperoleh pengalaman secara langsung dan menemukan sendiri permasalahan yang ada disekitarnya. Model pembelajaran yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum. Dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum peserta didik akan terlibat secara langsung selama proses pembelajaran, baik mental maupun fisik untuk mengoptimalkan kemampuan psikomotorik peserta didik. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan kemampuan psikomotorik peserta didik menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum dengan pembelajaran demonstrasi? Apakah ada pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada materi listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari? Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan psikomotorik peserta didik menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum dengan pembelajaran demonstrasi? Mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada materi listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design (desain eksperimen semu). Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Group Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX D sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan pembelajaran model Contextual Teaching and Learning berbasis praktikum dan kelas IX E sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran demonstrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan psikomotorik, observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 5,360 dan ttabel pada taraf siginifikansi 0,05 sebesar 2,002, maka thitung > ttabel. Maka dapat menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya pengaruh pembelajaran model Contextual Teaching and Learning berbasis praktikum psikomotorik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan psikomotorik materi listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: CTL, Praktikum, Psikomotorik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item