Implementasi Pendidikan Religiositas Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Muslim Di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Faizah, Aulia (2019) Implementasi Pendidikan Religiositas Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Muslim Di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aulia Faizah_084131250.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini didasari pada kenyataan yaitu banyaknya anak yang beragama Islam namun sampai usia remaja tingkat keagamaannya masih sangat rendah. Hal ini tentu tak lepas dari beberapa faktor penting dan salah satunya adalah sekolah. Dimana banyak siswa Muslim yang bersekolah di sekolah non Islam, padahal disana tidak diajarkan pengetahuan agama Islam melainkan Pendidikan Religiositas. Pendidikan Religiositas berisi tentang pengetahuan umum semua agama yang intinya mengajak pada kebaikan tetapi ada materi khusus Katolik saat mendekati hari besar umat Katolik. Di SMA Katolik Santo Paulus Jember juga terdapat siswa Islam yang dalam pembelajaran agama tidak mendapatkan pendidikan sesuai agamanya melainkan Pendidikan Religiositas. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah Perencanaan perencanaan pendidikan religiositas dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember? 2) Bagaimanakah Pelaksanaan pendidikan religiositas dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember? 3) Bagaimanakah Evaluasi pendidikan religiositas dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Pendidikan religiositas dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan religiositas dalam menanamkan nilainilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan religiositas dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Ciri-ciri dari penelitian deskriptif adalah titik berat pada observasi dan suasana alamiah (naturalistis setting) dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu tehnik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, Penyusunan perencanaan program pendidikan religiositas dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa muslim di SMA Katolik Santo Paulus Jember dilaksanakan dengan merumuskan visi dan misi yang berpayung pada Kebihnekaan. Sedangkan pada sisi pembelajaran dalam penyusunan RPP pula dirumuskan dimensi nilai karakter yang menjadi prioritas di SMA Katolik Santo Paulus Jember pada pendidikan religiositas antara lain: religius, dan Toleransi antar umat beragama. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Religiositas tidak jauh beda dengan pelaksanaan pembelajaran pada umumnya. Pelaksanaan pembelajaran religiositas terbagi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Di awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dan mengajak siswa untuk berdoa dahulu sebelum memulai pelajaran. Adapun pendalaman materi tentang keagamaan dibentuk tugas individu semua siswa dalam wadah laporan kegiatan ibadah. Ketiga, Penilaian Penerapan pendidikan religiositas dalam kegiatan peserta didik di luar atau di dalam pembelajaran dievaluasi dilakukan dengan cara melihat tingkah laku peserta didik dalam kesehariannya. Sedangkan pada sisi program pendidikan religiositas, penilaian dilakukan oleh kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru pendidikan religiositas dengan melihat data-data pekembangan siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item