Pembelajaraan Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN 1 Widoropayung Besuki Situbondo

Hasan, Chairul (2019) Pembelajaraan Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN 1 Widoropayung Besuki Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Chairul Hasan_084 121 433.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah pelajaran muatan lokal yang mempelajari tentang bagaimana cara membaca dan menulis Al-Qur’an sesuai kaidah baik dan benar yang diterapkan pada siswa kelas rendah yaitu siswa kelas I sampai kelas VI pada sekolah dasar. Berangkat dari pemikiran itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaraan Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN 1 Widoropayung Besuki Situbondo” Fokus penelitian 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Baca Tulis AlQur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN I Widoropayung Besuki Situbondo? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di SDN I Widoropayung Besuki Situbondo? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di SDN I Widoropayung Besuki Situbondo? Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan di tuju dalam melakukan penelitian. Tujuan penelitian harus mengacu kepada masalahmasalah yang telah dirumuskan sebelumnya. 1). Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN I Widoropayung Besuki Situbondo 2). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN I Widoropayung Besuki Situbondo. 3). Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SDN I Widoropayung Besuki Situbondo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan model Miles and Huberman, dengan langkahlangkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian: 1) Sebelum pembelajaran berlangsung guru terlebih dahulu merancang silabus dan RPP sebagai perangkat pembelajaran baca tulis AlQur’an. 2) Pembelajaran Baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan satu kali (2x35 menit) dalam seminggu pada masing-maing kelas dari kelas satu sampai kelas enam. 3). Evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDN 1 Widoropayung yaitu dengan menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Dari pembelajaran baca tulis baca tulis al-qur’an di SDN 1 Widoropayung siswa dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item View Item