Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Keluarga Masyarakat Minoritas Muslim Desa Sidorejo Umbulsari Jember.

Ambarwati, Desi (2019) Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Keluarga Masyarakat Minoritas Muslim Desa Sidorejo Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Desi Ambarwati_T20151215.pdf

Download (20MB)

Abstract

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama. Orang tua adalah pendidik kodrati. Mau tidak mau orang tua harus mendidik, membimbing anak-anak menjadi manusia yang beriman serta berbudi pekerti luhur. Orang tua sebagai pendidik menerima amanah langsung dari Allah Yang Maha Mendidik. Berdasarkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pengamalan nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan anak di keluarga masyarakat minoritas muslim Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana tantangan pengamalan nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan anak di keluarga masyarakat minoritas muslim Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pengamalan nilainilai pendidikan Islam pada pendidikan anak di keluarga masyarakat minoritas muslim Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui tantangan pengamalan nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan anak di keluarga masyarakat minoritas muslim Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian fenomenologi. Teknik penentuan subyek penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles, Huberman imteraktif, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, 1) pengamalan nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan anak di keluarga masyarakat minoritas muslim Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember ialah dengan menggunakan metode pendidikan keteladanan dan pembiasaan. 2) Tantangan Pengamalan nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan anak di keluarga masyarakat minoritas muslim Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember ialah dampak negatif dari diberikannya gawai pada anak, anak-anak melihat langsung bagaimana umat Kristen beribadah, tidak tersedianya fasilitas sekolah yang mewadahi siswa-siswi yang beragama Islam sehingga para orang tua memilih bersekolah dan mengaji di luar desa yang mayoritas beragama Islam, terdapat beberapa tipologi keluarga di Desa Sidorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19123

Actions (login required)

View Item View Item