Kontribusi Kajian Kitab Mukhtasor ‘Abdillah Al Harariyy Al Kafil Bi’ilm Ad-Din Adl-Dlaruriyy Dalam Penguatan Aqidah dan Akhlak Mahasiswa Melalui Forum Studi Aswaja (FORSA) di IAIN Jember

Firmanika, Diah Nikmah (2019) Kontribusi Kajian Kitab Mukhtasor ‘Abdillah Al Harariyy Al Kafil Bi’ilm Ad-Din Adl-Dlaruriyy Dalam Penguatan Aqidah dan Akhlak Mahasiswa Melalui Forum Studi Aswaja (FORSA) di IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diah Nikmah Firmanika_T20151242.pdf

Download (4MB)

Abstract

Timbulnya berbagai penyimpangan moral di kalangan anak, tidaklah lepas dari berbagai faktor, diantaranya adalah longgarnya pegangan terhadap agama. Seperti halnya saat ini, mahasiswa lebih berani dan kurang menghormati dosen yang merupakan orang yang lebih tua dan sebagai guru bagi mereka. Melakukan tindakan di luar batas seperti menghujat dosen dan bertingkah tidak sopan ketika berhadapan dengan dosen. Penting bagi seorang muslim untuk mempelajari dan memahami Pendidikan Agama khususnya yang memuat tentang pokok-pokok ilmu Agama yaitu tentang aqidah. Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan agar menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia. Oleh sebab itu diperlukannya belajar agama untuk kemudian diterapkan di kehidupan sehari-hari dengan bentuk akhlak yang baik. Karena akhlak yang baik merupakan mata rantai dari keimanan seseorang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu pertama, mendeskripsikan pelaksanaan kajian kitab Mukhtasor ‘Abdillah Al Harariyy Al Kafil Bi’ilm Ad-Din AdlDlaruriyy dalam Penguatan Aqidah dan Akhlak mahasiswa melalui Forum Studi Aswaja (FORSA) di IAIN Jember. Kedua, mendeskripsikan kontribusi kajian kitab Mukhtasor ‘Abdillah Al Harariyy Al Kafil Bi’ilm Ad-Din Adl-Dlaruriyy dalam Penguatan Aqidah mahasiswa melalui Forum Studi Aswaja (FORSA) di IAIN Jember. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi kajian kitab Mukhtasor ‘Abdillah Al Harariyy Al Kafil Bi’ilm Ad-Din Adl-Dlaruriyy dalam Penguatan Aqidah mahasiswa melalui Forum Studi Aswaja (FORSA) di IAIN Jember. Metode penelitian dalam penelitan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpuan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah pertama, pelaksanaan kajian kitab Mukhtasor ini yaitu, pelaksanaan kajian kitab Mukhtasor di ikuti oleh mahasiswa IAIN Jember, dilaksanaan di serambi masjid IAIN Jember setiap hari Senin dan Selasa dimulai pukul 6.15 sampai 7.30. Tujuan dari pelaksanaan kajian kitab Mukhtasor ini adalah agar mahasiswa dapat memahami nilai-nilai aqidah selain itu juga diharapkan dapat mengamalkannya. Metode yang di yaitu dengan menggunakan metode bandongan. Kedua, kontribusi kajian kitab Mukhtasor ini adalah memperkuat pemahaman aqidah, memperkuat keimanan, mencegah membentengi dari ajaran Islam yang menyimpang. Ketiga, perbuatan riddah,memberikan waktu yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:43
Last Modified: 23 Feb 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item