Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Desa Kidul Pasar Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Fatimah, Dinar Putri (2019) Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Desa Kidul Pasar Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinar Putri Fartimah_T20151230.pdf

Download (8MB)

Abstract

Peneliti ini di latar belakangi oleh betapa pentingnya pendidikan akhlak untuk menanamkan akhlak terpuji di dalam diri remaja maupun masyarakat, pendidikan akhlak tersebut dilakukan diluar pendidikan formal yang disebut dengan pendidikan nonformal yang dilaksanakan di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji. Di desa Rambipuji ada sebuah Masjid yang diberi nama Ash-Shirotol Mustaqim yang mengadakan Pengajian Berkala yang didalamnya terdapat tausiyah dan salah satu tausiyahnya membahas tentang Pendidikan Akhlak dan penerapannya untuk orang yang ingin memiliki Akhlak Terpuji. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Akhlak Memuliakan Tamu melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji?; dan 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Akhlak Memuliakan Tetangga melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Akhlak Memuliakan Tamu melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji; dan 2) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Akhlak Memuliakan Tetangga melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji. Metode dalam Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitianya adalah Field Research. Teknik pengunpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis data kualitatif Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Sedangkan keabsahan datannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi Memuliakan Tamu melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji adalah dengan cara menghormati tamu dan menyediakan hidangan untuk tamu, melayani para tamunya dan berbuat baik pada tamu selama ia tinggal di rumah, dan menghadapi mereka dengan wajah yang ceria dan berseri-seri. Dan 2) Implementasi Memuliakan Tetangga melalui Pengajian Berkala di Masjid Ash-Shirotol Mustaqim Rambipuji yaitu dengan cara menghormati tetangga dan berperilaku baik terhadap mereka, memberikan makanan kepada tetangga, dan meminta maaf kepada tetangga jika kita berbuat salah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:44
Last Modified: 23 Feb 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item