Upaya Pegembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Mukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Merlina, Dwi (2019) Upaya Pegembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Mukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Merlina_T201511109.pdf

Download (16MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan motorik halus. Kegiatan origami adalah salah satu kegiatan bermain yang menggunakan jari jemari dan koordinasi mata. Kegiatan ini melatih anak menggunakan konsentrasi otot kecil dan konsentrasi dalam rangka pengembangan motorik halus anak, dimana terdapat sebagian anak yang kemampuan motorik halus anak seperti melipat, mewarnai, menggambar dan masih banyak yang lainnya masih belum maksimal. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya pengembangan motorik halus melalui kegiatan origami pada anak kelompok B di RA Al-Mukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Faktor penghambat dan solusi kegiatan origami dalam upaya pengembangan motorik halus melalui origami pada anak kelompok B di RA Al-Mukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan upaya pengembangan motorik halus melalui kegiatan origami pada anak kelompok B di RA AlMukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan Faktor penghambat dan solusi kegiatan origami dalam upaya pengembangan motorik halus melalui origami pada anak kelompok B di RA AlMukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan lokasi penelitian ini di RA Al-Mukhlisin Tamansari Mumbulsari Jember, penentuan Subjek penelitian menggunakan teknik purposive, tehnik Pengumpulan data menggunakan: observasi Non participant, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian1) Upaya Pengembangan motorik halus melalui origami pada anak kelompok B di RA Al-Mukhlisin Tamansari mumbulsari jember Tahun Pelajaran 2018/2019, adalah melalui kegiatan origami adalah : a) Melatih anak anak melipat kertas origami 1-6 lipatan, b) anak mampu melipat berbagai bentuk kreatifitas melalui kegiatan origami, c) anak belajar mandiri dengan lipatan yang dibuatnya sendiri. 2) Faktor penghambat dan Solusi Kegiatan origami dalam upaya pengembangan motorik halus pada anak kelompok B di RA Al-Mukhlisin Tamansari mumbulsari Jember, adalah: a) anak mengalami kesulitan saat mengikuti tahapan tahapan melipat, solusi yang digunakan guru menyediakan meja yang lebih rendah dari posisi anak, b) penggunaan kertas lipat yang kaku seperti kertas kado, maka solusi yang digunakan guru adalah menggunakan kertas yang mudah dilipat seperti kertas lipat tipis, c) anak selalu menunggu bimbingan guru untuk dibantu melipat maka solusi yang dilakukan oleh guru yaitu mengajak anak anak melipat bersama satu demi satu lipatan. Kata Kunci : Motorik Halus dan Kegiatan Origami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:49
Last Modified: 23 Feb 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19129

Actions (login required)

View Item View Item