Pembelajaran Kitab Kasyifatus Saja di Pondok Pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019.

Rohmah, Faridatur (2019) Pembelajaran Kitab Kasyifatus Saja di Pondok Pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faridatur Rohmah _T20151198.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran kitab Kasyifatus Saja merupakan pembelajaran syarah dari kitab Safinatun Najah yang mengkaji fikih ibadah secara mendalam dan terperinci. Misalnya fardu wudhu yang pertama yakni niat, dijelaskan di dalamnya bahwa Nabi bersabda “sesungguhnya amal-amal perbuatan tergantung pada niat” dan jika dalam berwudhu sebelum niat membasuh wajah terlebih dahulu maka wajib mengulangi, diniatkan berwudhu untuk menghilangkan hadast dan penjelasan lainnya. Dengan adanya pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren dapat menambah pemahaman fikih pada santri dan menanggulangi penyimpangan yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan-ketentuan fikih. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember? 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember? Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaanpembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah Karangsono Bangsalsari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk Penelitian deskriptif (Field Risearch). Teknik pengumpulan data Observasi,wawancara, dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi : Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1)Perencanaan pembelajaran kitab Kasyifatus saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah yaitu tidak tertulis akan tetapi berharap pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan menentukan tujuan pembelajaran serta persiapan materi pembelajaran. 2)Pelaksanaan pembelajaran kitab Kasyifatus Sajadi pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah dilaksanakan setelah sholat isya’ dengan 3 tahapan, tahap awal:pembacaan sholawat badar, Fatihah 3x, salam, berdo’a belajar, pretes. Tahap inti: penyampaian materi dan penggunaan metode diantaranya metode bandongan, ceramah dan tanya jawab, tahap akhir: membaca sholawat badar, Fatihah 3x do’a penutup dan salam. 3) Evaluasiyang digunakan dalam pembelajaran kitab Kasyifatus Saja di pondok pesantren Assalafiyyah At Tauhidiyyah yaitu menggunakan evaluasi diagnostik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:47
Last Modified: 24 Feb 2023 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19131

Actions (login required)

View Item View Item