Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an dengan Metode Talaqqi di Pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq Jember.

Jamil, Fashfahis Shofal (2019) Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an dengan Metode Talaqqi di Pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fashfahis Shofal Jamil_T20151207.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim yang harus dibaca, dipahami, dipelajari, dan dihafal. Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2017, terdapat kurang lebih sekitar 87,2 persen atau sekitar 200 juta jiwa pemeluk Agama Islam di Indonesia. Namun, dari sekian banyaknya umat Islam di Indonesia yang menghafal Al-Quran sekitar 30 ribu jiwa. Hal ini menandakan bahwa masih sebagian kecil umat Indonesia yang menghafal Al-Qur’an. Metode Talaqqi adalah metode menghafal alQur’an dengancara bertemu langsung (bermuwajjahah) sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW., dengan malaikat Jibril. Metode talaqqi ini sudah diterapkan di Pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq Jember mulai awal berdirinya pondok Pesantren yaitu pada tahun 2014. Hal ini lah yang membuat uniknya pondok Pesantren ini, dalam proses pembelajaran dalam menghafal Al-Qur’an masih tetap dan mempertahankan metode ini, padahal sekarang ini banyak metode-metode menghafal AlQur’an yang bermunculan di Indonesia. Sehingga dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk mengkaji lebih dalam proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan metode Talaqqi. Pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq ini didirikan bertujuan untuk mewadahi siswa yang bersekolah umum juga. Hal inilah yang membedakan pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq berbeda dengan pondok Pesantren hafalan al-Qur’an pada umumnya. Sebagian besar pondok Pesantren hafalan alQur’an para santrinya di fokuskan untuk menghafal al-Qur’an saja dan pada umumnya santri bersekolah dilingkungan Madrasah. Fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimana Perencanaan Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Hafalan alQur’an dan Adab Islam Al-Choliq Jember Tahun pelajaran 2019/2020?; 2) Bagaimana Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq Jember Tahun pelajaran 2019/2020.?; 3) Bagaimana Evaluasi Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Hafalan al-Qur’an dan Adab Islam Al-Choliq Jember Tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi engan jenis observasi partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi struktur dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun Hasil penelitian didapatkan data bahwa: 1) Proses perencanaan pembelajatran tahfidz al-Qur’annya yaitu: a) Perencanaan kegiatan pembelajaran tidak tertulis namun sudah tersusun; b) Perencanaan kegiatan pembelajaran dirancang sendiri oleh pengasuh; c)Penentuan target hafalan santri perhari 1 halaman dan perbulan 1 juz; d) Penetuan kelaskelas santri ditentukan oleh ustadz sendiri tanpa mengacu pada kriteria apapun; e) Penentuan pembimbing atau ustadz diharuskan hafal 30 juz. 2) Proses pelaksanan pembelajaran tahfidz al-Qur’annya yaitu: a) kegiatan awal berupa persiapan pembelajaranan seperti menyiapkan alat tulis, al-Qur’an, dan membawa buku prestasi; b) kegiatan inti, santri baris rapi kebelakang. Satu persatu santri melakukan hafalan dengan metode Talaqqi. 3) Proses evaluasi pembelajaran tahfidz al-Qur’an ada tiga tahapan yaitu: a) evaluasi harian berupa setoran; b) evaluasi bulanan seperti Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Semua santri satu persatu dites hafalannya, kategori yang diuji pun berbeda-beda yaitu kategori antara 1-8 juz; c) evaluasi akhir berupa setoran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:47
Last Modified: 24 Feb 2023 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item