Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Seni Kaligrafi Arab di Intitute Of Culture Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember.

Sari, Febria Eka (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Seni Kaligrafi Arab di Intitute Of Culture Islamic Studies “ICIS” IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Febria Eka Sari_084141416.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nilai merupakan sesuatu yang diyakini kebenarannya dan dianut serta di jadikan sebagai acuan dasar individu dan masyarakat dalam menetukan sesuatu yang di pandang baik, benar, bernilai dan berharga. Di IAIN Jember terdapat beberapa komunitas, diantaranya yaitu: Institute Of Culture And Islamic Studies “ICIS” dibawah naungan UPB ( Unit Pengembangan Bahasa) yang di dalamnya terdapat cabang, salah satunya adalah devisi kaligrafi. Banyak sekali anggotanya memenangkan berbagai event perlombaan diantaranya yaitu MTQ tingkat kabupaten Jember, tingkat provinsi, bahkan tingkat Nasional, dan juga salah satu karya anggotanya sampai tembus dalam pameran Kaligrafi Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta pada tahun 2017. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi nilai ibadah dan nilai akhlak dalam pembelajaran seni kaligafi Arab di Institute Of Culture And Islamic Studies “ICIS. Tujuan penelitian melipiti: Mendeskripsikan nilai ibadah dan nilai akhlak dalam pembelajaran seni kaligrafi Arab Di Institute Of Culture Islamnice Studies “ICIS” IAIN Jember. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researct). Teknik pengambilan data menggunakan purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deksriptif kualitatif model Miles Huberman yang meliputi: Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah nilai ibadah akan melahirkan manusiamanusia yang memiliki nilai kesabaran dan kejujuran. a.) nilai kesabaran, seni kaligrafi Arab di ICIS tersebut berupa menulis yang dilakukan berulang-ulang kali meski salah di perbaiki lagi sampai bisa dan tetap sabar belajar memperbaikinya. b.) nilai kejujuran, ketika ada anggota melakukan intruksi dari tutor untuk meniru tulisan merekapun menirukan tulisan bukan menjiplak tulisan dari situlah ada nilai kejujuran. Nilai akhlak mengajarkan kepada manusia untuk bersikap dan berperilaku yang baik sesuai dengan norma atau adab yang benar dan baik, sehingga akan memiliki nilai kedisiplinan dan nilai kerja keras. a.) nilai kedisiplinan, tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan b.) nilai kerja keras, perilaku yang menunjukkan upaya bersungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas(belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya Hal ini sejalan dengan kenyataan yang ada dalam seni seni kaligrafi Arab Di Institute Of Culture Islamnice Studies “ICIS” IAIN Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:47
Last Modified: 24 Feb 2023 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19133

Actions (login required)

View Item View Item