Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII G di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember.

Firdianti, Feti (2019) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII G di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Feti Firdianti_T20151208.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran artikulasi merupakan model pembelajaran yang termasuk dalam tipe pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif yaitu pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk melakukan sesuatu dan berpikir mengenai apa yang dikerjakannya. SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model artikulasi, melihat karakteristik peserta didik yang aktif dan kreatif, berbeda dengan kebanyakan peserta didik seumuran SMP pada umumnya, penerapan model artikulasi sangat tepat diterapkan dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah meliputi: 1) Bagaimana tujuan model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII G di SMP Plus Darus Sholah Jember 2) Bagaimana karakteristik materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII G di SMP Plus Darus Sholah Jember 3) Bagaimana langkah-langkah model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII G di SMP Plus Darus Sholah Jember. Untuk mengidentifikasi fokus masalah tersebut, maka pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Sesuai dengan jenis penelitian tersebut pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive sampling, sedangkan untuk pengecekan keabasahan data menggunkan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil penelitian ini ialah: 1) Tujuan model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Plus Darus Sholah yaitu siswa mampu mengingat materi lebih lama, siswa mudah memahami pelajaran, siswa mampu mengerjakan soal dengan tepat, dan melatih siswa mengungkapkan kata-kata dengan baik. 2) Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah makanan dan minuman yang halal dan yang haram yang sub materinya sebagai berikut : Memahami pengertian, kriteria, dalil al-qur’an dan hadist terkait serta manfaat atau mudhorot mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal serta haram. 3) Langkah-langkah model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran yaitu: a) mengintruksikan peserta didik untuk membentuk kelompok berpasangan, b) Salah satu pasangan mencatat poin-poin penting, c) proses mengkomunikasikan didepan kelas dengan bergantian, d) pasangan lain memberi masukan atau bertanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:47
Last Modified: 24 Feb 2023 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19134

Actions (login required)

View Item View Item