Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Information Technology Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di MTs Negeri 02 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Hasanah, Fikriatul (2019) Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Information Technology Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di MTs Negeri 02 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fikriatul Hasanah_T20159012.pdf

Download (55MB)

Abstract

Sumber belajar (learning resources) adalah segala macam sumber yang ada di luar diri siswa yang keberadaannya memudahkan terjadinya proses belajar. Sumber-sumber belajar itulah yang memungkinkan kita berubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak terampil menjadi terampil. Sumber-sumber itulah kita bisa mendapatkan sikap-sikap atau normanorma tertentu. Sumber-sumber itulah yang kita namakan sumber belajar. Teknologi Informasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, email, dan sebagai berikut. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan sumber belajar berbasis IT pada mata pelajaran IPS di MTs Nnegeri 02 Jember? 2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan sumber belajar berbasis IT pada mata pelajaran IPS di MTs Nnegeri 02 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan sumber belajar berbasis IT pada mata pelajaran IPS di MTs Nnegeri 02 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan sumber belajar berbasis IT pada mata pelajaran IPS di MTs Nnegeri 02 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan peneltian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informen dalam penelitian ini menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan analisis interaktif Miles and Huberman yang melipiti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa: 1. Penggunaan sumber belajar berbasis IT mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Jember guru menggunakan sumber belajar berupa ebook buku siswa, video, artikel. 2. Hasil beljar hasil belajar siswa dengan menggunakan sumber belajar berbasis IT di MTs Negeri 2 Jember guru pemberian tugas baik tugas individu maupun tugas kelompok untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru dengan menggunakan sumber belajar berbasis IT. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari tugas tersebut sangat beragam akan tetapi ada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:47
Last Modified: 24 Feb 2023 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19135

Actions (login required)

View Item View Item