Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di MTsN 1 Jember

Saadah, Fitri Yatus (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di MTsN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitri Yatus Saadah_T201510007.pdf

Download (29MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di madrasah yaitu siswa memiliki sifat individual atau kurang bisa bekerja sama dan pembelajaran didominasi oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD memungkinkan cocok diterapkan untuk pembelajaran IPA di SMP/MTs kelas VII pada materi Objek IPA dan Pengamatannya karena materi bersifat konseptual dan prosedural. Dengan penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui kerja tim. Di mana anggota tim tersebut memiliki kemampuan yang heterogen sehingga mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) apakah ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan model pembelajaran konvensional?; 2) apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa MTsN 1 Jember kelas VII pada materi Objek IPA dan Pengamatannya tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa MTsN 1 Jember kelas VII pada materi Objek IPA dan Pengamatannya tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Jember pada kelas VII. Merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperiment (eksperimen semu). Penelitian ini didesain menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing diberi pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah purposive sampling yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah yang sama yaitu 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda (kognitif) dan non tes. Analisis data menggunakan uji Z untuk menguji perbedaan hasil belajar Analisis dan uji hipotesis menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kognitif (pretest dan posttest), afektif dan psikomotor kelas eksperimen lebih tinggi dari pada ratarata nilai kognitf (pretest dan posttest), afektif dan psikomotor kelas kontrol dengan nilai signifikansi <0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa MTsN 1 Jember kelas VII pada materi Objek IPA dan Pengamatannya tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:44
Last Modified: 24 Feb 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item View Item