Implementasi pembelajaran ekstrakulikuler kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi dalam membentuk disiplin siswa tahun 2019

Efendi, Hafid (2019) Implementasi pembelajaran ekstrakulikuler kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi dalam membentuk disiplin siswa tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafid Efendi_084 141 293.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran ekstrakulikuler merupakan bagian terpenting yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pendidikan yang bermutu selain dalam pendidikan juga dalam masalah ibadah peserta didik. Pembelajaran ekstrakulikuler harus dilaksanakan secara efektif dan efisien baik dalam prencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya, sehingga dari hal itu akan memberikan kontribusi dalam menjaga moral anak bangsa Indonesia kedepannya. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran ekstrakulikuler kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tahun 2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekstrakulikuler kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tahun 2019? 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran ekstra kulikuler Kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tahun 2019? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran ekstra kulikuler Kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tahun 2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstra kulikuler Kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tahun 2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran ekstra kulikuler Kesamaptaan di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Perencanaan pembelajaran ekstra kulikuler Kesamaptaan Di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi sama seperti pada umumnya, perencanaan pembelajaran berupa pembuatan silabus dan RPP, akan tetapi dalam pembuatannya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa sehingga pembina lebih menyederhanakan pembuatannya. 2) Pelaksanaan pembelajaran ekstra kulikuler Kesemaptaan di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi, yaitu mengacu pada kurikulum sekolah dalam pelaksanaannya sama seperti halnya ekstrakulikuler pada umumnya, akan tetapi metode, materi dan medianya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa, pembina mengkomunikasikan materinya dengan bahasa yang sederhana dan praktik langsung sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. 3) Evaluasi pembelajaran ekstra kulikuler Kesamaptaan di Sekolah Menengah Pertama Annur Kalibaru Banyuwangi yaitu evaluasi yang berupa penilaian tes unjuk kerja yang disesuaikan dengan kemampuan siswa . Kemudian untuk tindakan selanjutnya guru mengadakan remidi kepada siswa-siswa yang nilainya dibawah rata-rata dan mengadakan pengayaan kepada siswa-siswa yang nilainya diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:44
Last Modified: 24 Feb 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19141

Actions (login required)

View Item View Item