Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019

Ristiana, Hemi (2019) Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hemi Ristiana_T20151271.pdf

Download (5MB)

Abstract

Problematika mengenai pengenalan ibadah sejak dini jarang sekali di perhatikan tentang bagaimana penentuan-penentuan dasar dalam melaksanakan ibadah seperti halnya dalam penentuan waktu shalat, bagaimana shalat yang benar, tata cara wudhu’ dan sebagainya, sehingga kajian mengenai hal tersebut jarang digeluti dalam dunia akademisi baik dalam pendidikan formal maupun non formal, dikarenakan semakin pesatnya perkembangan zaman dengan tehnologi yang canggih membuat orangtua khususnya enggan memberi pengetahuan keagamaan terhadap anak-anak, dan lebih mengadepankan pembelajaran umum dibanding pendidikan agama islam yang sebenarnya menjadi kewajiban pertama yang harus dipahami oleh kalangan umat Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019? 2) Bagaimana Penerapan Media Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019?, dan 3) Bagaimana Penilaian Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019 2) Untuk MendeskripsikanPenerapan Media Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019 dan 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Penerapan Pembelajaran Fiqih Ibadah Melalui Fiqih Junior di TPQ Mamba’ul Falah Moncek Tamanan Bondowoso Tahun 2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) metode yang digunakan adalah metode hafalan, metode ceramah, bernyanyi dan metode demonstrasi. 2) media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media pajang atau papan tulis, bangku, selang air, timba, mukenah, dan kain 3) penilaian dalam pembelajaran meliputi tes lisan dan unjuk kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:44
Last Modified: 24 Feb 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item