Pembelajaran membaca Alquran melalui metode ‘Allimna di TPQ Al-Falah Desa Gumelar Jember

Kurniawan, Hendy (2019) Pembelajaran membaca Alquran melalui metode ‘Allimna di TPQ Al-Falah Desa Gumelar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hendy Kurniawan_T20151349.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, maka seorang guru harus mampu melibatkan peserta didik dengan menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Alquran adalah petunjuk atau pedoman bagi seluruh manusia dan belajar membaca Alquran merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim. Banyak metode atau cara penyampaian dalam belajar Alquran dari masa ke masa. Salah satu metode baru yang menekankan pada belajar Alquran secara cepat dan tepat adalah metode ‘Allimna yang diringkas dalam bentuk buku praktis yaitu program inti (kitab ‘Allimna jilid 1-6, fashohah tartil, tajwid dan praktek sholat) dan penunjang (hafalan surat-surat pendek dan doa harian). Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran Makhorijul huruf melalui metode ‘Allimna bagi santri dan santriwati di TPQ Al-Falah Desa Gumelar Jember?; 2) Bagaimana pembelajaran ilmu tajwid melalui metode ‘Allimna bagi santri dan santriwati di TPQ Al-Falah Desa Gumelar Jember?;. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Makhorijul huruf melalui metode ‘Allimna dan mendeskripsikan pembelajaran ilmu tajwid melalui metode ‘Allimna bagi santri dan santriwati di TPQ Al-Falah Desa Gumelar Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu; kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) pembelajaran Makhorijul huruf melalui metode ‘Allimna tersebut terdiri dari pendahuluan, inti dan penutup. kegiatan inti terdapat tahap-tahap metode ‘Allimna dengan menggunakan dua sistem yaitu klasikal (murni dan baca simak) dan cara privat/individual. Evaluasi menggunakan sistem raport melalui Tes yaitu dengan cara menyuruh membaca pokok bahasan di masing-masing halaman setiap jilid satu persatu secara bergantian. komponen yang dinilai terkait kemampuan baca, tanda baca (tasydid) dan makhrajnya serta mengisi buku Camar, hafalan surat dan doa harian sebagai penunjangnya. Kriteria kelulusan/kenaikan ke jilid berikutnya dan meningkatnya bacaan anak-anak berdasarkan nilai yang telah diperoleh dari tes. 2) Agar proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Tajwid menggunakan metode ‘Allimna dapat terarah dan tujuan pembelajaran tercapai, guru harus mempersiapkan secara matang dengan memperhatikan proses pembelajaran yaitu membuka pelajaran, menyampaikan materi dan mencontohkan bacaan agar siswa mampu mempraktikkan dengan baik dan benar. Pokok bahasan tajwid meliputi hukum nun mati/ tanwin, mim mati, alif & lam, Ro’ dan bacaan mad. Penilaian yang digunakan sebatas kartu prestasi yaitu tes membaca Alquran dan pokok bahasan buku tajwid satu persatu dihadapan guru dengan memperhatikan kemampuan dan kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19145

Actions (login required)

View Item View Item