Kolaborasi Antara Guru Pendidikan Agama Islam dengan Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas Inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.

Nurvia, Hurin Ain (2019) Kolaborasi Antara Guru Pendidikan Agama Islam dengan Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas Inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hurin Ain Nurvia_T20151100.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Kolaborasi, guru Pendidikan Agama Islam, Guru pendamping khusus, Kelas inklusi Persoalan yang kerap kali terjadi di sekolah inklusi yaitu dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terkadang peserta didik ABK terabaikan, hal ini disebabkan karena guru mata pelajaran tidak begitu memahami bagaimana cara mengatasi perserta didik ABK. Di sekolah inklusi untuk peserta didik ABK dibutuhkan pendampingan khusus. Jadi dengan adanya guru pendamping khusus butuh kerjasama antara guru mata pelajaran dengan guru pendamping khusus untuk memberikan pemahaman terkait materi yang telah disampaikan. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: Pertama, bagaimana kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kelas inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember? Kedua, apa saja kendala kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kelas inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember? Ketiga, apa saja upaya untuk mengatasi kendala kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kelas inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk: Pertama, mendeskripsikan kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kelas inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Kedua, mendeskripsikan kendala kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kelas inklusi 2A SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Ketiga, mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kendala kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dengan guru pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) kelas inklusi 2A SD AlIrsyad Al-Islamiyyah Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya penelitian lapangan dan subyek penelitian menggunakan purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu data condensation, data display, drawing and verifying conlusions, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas 2A SD Al-Irsyad AlIslamiyyah Jember guru Pendidikan Agama Islam telah melaksanakan kolaborasi dengan guru pendamping khusus. Guru Pendidikan Agama Islam menjelaskan materi di depan kelas kemudian guru pendamping khusus menyampaikan materi digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix tersebut kepada peserta didik ABK secara individu dengan pemilihan media privat. Kendala yang ditemui oleh keduanya yaitu enggan untuk saling berkomunikasi karena sungkan, kurang komunikasi, berbeda pandangan dalam pembuatan soal ujian, dan waktu. Sehingga upaya yang dapat dilakukan oleh kedunya yaitu tetap fokus dalam tugas masing-masing, meningkatkan komunikasi, menyamakan pandangan dengan cara koordinasi dengan pihak manajemen agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan meluangkan waktu meningkatkan kerjasama antar keduannya disela-sela istirahat meskipun dengan cara saling bercanda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19147

Actions (login required)

View Item View Item