Pelaksanaan Program One Day One Juz dalam Penanaman Cinta Al-Quran di Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Jember Tahun 2019.

Sholihah, Imroatus (2019) Pelaksanaan Program One Day One Juz dalam Penanaman Cinta Al-Quran di Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imroatus Sholiahah_T20151233.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Quran adalah pedoman hidup utama bagi umat Islam. Karena Al-Quran adalah Kalam yang diturunkan Allah, menyangkut kehidupan, dan hukum-hukum yang Allah tetapkan pada umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Maka sebagai umat Islam sudah sepatutnya meletakkan dasar hukum sesuai AlQuran pada urutan pertama dalam hidup. Berdasarkan fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu :1) Bagaimana pelaksanaan program one day one juz dalam pembiasaan membaca alQuran oleh mahasiswa di Komunitas ODOJ Jember Tahun 2019?. 2) Bagaimana pelaksanaan program one day one juz dalam memahami Al-Quran oleh Mahasiswa di Komunitas ODOJ Jember Tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program one day one juz dalam pembiasaan membaca Al-Quran oleh mahasiswa di Komunitas ODOJ Jember tahun 2019. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program one day one juz dalam memahami Al-Quran oleh Mahasiswa di Komunitas ODOJ Jember tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, kesimpulan, penarikan/verifikasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini pertama, pelaksanaan program One Day One Juz dalam pembiasaan membaca Al-Quran melalui : 1) pembiasaan dengan kegiatan rutin 2) pembiasaan dengan kegiatan spontan 3) pembiasaan dengan kegiatan teladan. Kedua, pelaksanaan program One Day One Juz dalam memahami AlQuran yaitu : 1) para anggota Komunitas One Day One Juz (ODOJ) memahami Al-Quran secara mandiri, 2) Komunitas One Day One Juz (ODOJ) memfasilitasi para anggota dalam memahami Al-Quran melalui kegiatan Kalqulus yang diadakan setiap bulan. Para anggota ODOJ merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini dalam mempelajari Al-Quran dan memahaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19150

Actions (login required)

View Item View Item