Strategi Spiritual Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs AlAzhar Jember

Fawaiz, Kamila Putri (2019) Strategi Spiritual Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs AlAzhar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kamila Putri Fawaiz_T20151092.pdf

Download (5MB)

Abstract

Menurut observasi awal, keunikan dari strategi spiritual teaching saat pembelajaran Akidah akhlak yang penulis temui di kelas VII yaitu guru dituntut untuk bekerja secara profesional dan berkompetensi tinggi, namun guru juga memiliki sikap spiritual, dengan menggunakan strategi spiritual teaching guru dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan yang tidak dapat diberikan seluruhnya pada saat pembelajaran berlangsung dan dapat memotivasi siswa untuk lebih bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi spiritual teaching dalam meningkatkan motivasi intrinsik pada mata pelajaran Akhlak di MTs Al-Azhar?, 2) Bagaimana strategi spiritual teaching dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik pada mata pelajaran Akhlak di MTs AlAzhar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunaka tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat dikemukakan sebuah kesimpulan bahwa: 1) Strategi spiritual teaching dalam meningkatkan motivasi intrinsik pada mata pelajaran Akhlak di MTs Al-Azhar yaitu memulai pembelajaran dengan do’a bersama ketika dikelas, menyajikan pembelajaran secara proporsional, mencurahkan perhatian kepada siswa, membuat situasi pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan dengan cara menggunakan permainan-permainan atau games yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari karena hal itu dapat menarik perhatian siswa dan minat siswa dalam belajar. Dengan begitu motivasi intrinsik siswa akan timbul karena siswa mempunyai perhatian, dan minat terhadap bahan yang akan dipelajarinya. 2) Strategi spiritual teaching dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik pada mata pelajaran Akhlak di MTs Al-Azhar yaitu memberikan motivasi atau tausiyah, membacakan dan menceritakan kisah tokoh-tokoh yang dapat menginspirasi dan memotivasi anak didik agar lebih semangat mengikuti pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru memberikan motivasi berupa hadiah sebagai reward terhadap prestasi siswa, memberikan punishment atau hukuman apabila siswa melakukan pelanggaran selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan adanya hadiah, pujian, dan hukuman dapat meningkatkan motivasi ektrinsik pada siswa. Kata Kunci: Spiritual Teaching, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

View Item View Item