Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember

Nuraini, Khofifa (2019) Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khofifa Nuraini_T20151014.pdf

Download (10MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember merupakan salah satu madrasah swasta yang berlokasi di Talangsari Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri sebagai salah satu Madrasah Aliyah yang ada di Jember dan terdapat pondok pesantren di dalamnya. Dimana peserta didiknya hanya dikhususkan untuk puteri saja. Iqro’ Bil Qolam atau follow the line adalah sebuah metode menulis mengikuti garis yang mengedepankan praktik karena praktik akan mempercepat kemampuan menulis dan mengingat. Maksud dari Iqro’ Bil Qolam dalam penelitian ini adalah penerapan menulis dan membaca Al-Qur’an sebagai salah satu upaya untuk menyeimbangkan peranan otak kanan dan otak kiri. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Iqro’ Bil Qolam di Madrasah Aliyah Ash-Shiddiqi Puteri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Tahapan analisis data selama dilapangan peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa dalam perencanaan perlu adanya komponen yang mampu mendukung keberhasilan dari sebuah perencanaan. Komponen tersebut adalah tujuan pembelajaran, isi pembelajaran dan strategi pembelajaran. Bentuk pelaksanaan pembelajaran Iqro’ Bil Qolam yaitu menulis AlQur’an dan membaca Al-Qur’an. Evaluasi pembelajaran Iqro’ Bil Qolam melalui dua tahap yaitu evaluasi proses dan evaluasi out put.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19157

Actions (login required)

View Item View Item