Nilai-nilai Pendidikan Humanis Menurut Ibn Khaldun dalam Kitab Muqaddimah dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia.

Rahman, Kuratul Mutmainah Alvy (2019) Nilai-nilai Pendidikan Humanis Menurut Ibn Khaldun dalam Kitab Muqaddimah dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kuratul Mutmainah Alvy Rahman_T20151197.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ibn Khaldun merupakan tokoh pendidikan Islam yang juga dikenal sebagai tokoh pendidikan humanis yang mempunyai karya monumental yakni kitab Muqaddimah. Ibn Khaldun memaknai hakikat pendidikan Islam sebagai prosesproses yang bertujuan untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat, mengembangkan potensi (fitrah) serta terwujudnya kemampuan manusia untuk melaksanakan tugas-tugas keduniaan dengan baik demi terciptanya peradaban umat manusia. Pendidikan diperlukan untuk digunakan sebagai alat pembebasan yang meletakkan manusia pada fitrah kemanusiannya, dalam hal ini pendidikan ditempatkan dalam konfigurasi memanusiakan manusia atau sering disebut dengan pendidikan humanis. Fokus Kajian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1)Apa saja nilai-nilai pendidikan humanis menurut Ibn Khaldun dalam kitab Muqaddimah? 2)Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan humanis menurut Ibn Khaldun dalam kitab Muqaddimah dengan pendidikan Islam di Indonesia? Tujuan penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1)Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan humanis menurut Ibn Khaldun dalam kitab Muqaddimah. 2)Untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan humanis menurut Ibn Khaldun dalam kitab Muqaddimah dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Data yang diperoleh dengan mengkaji kitab Muqaddimah karangan Ibn Khaldun mengenai nilai-nilai pendidikan humanis. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan content analysis (kajian isi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu: 1)Nilai-nilai pendidikan humanis menurut Ibn Khaldun dalam kitab Muqaddimah dibagi menjadi dua yaitu nilai religius dan nilai demokrasi. Nilai religius mempunyai dua prinsip yaitu prinsip kemanusiaan dan prinsip keagamaan.Sedangkan nilai demokrasi mempunyai empat prinsip yaitu prinsip keadilan (al-‘adl), prinsip persamaan (al-musawa), kebebasan (hurriya), dan musyawarah (syura’). 2)Relevansi nilai-nilai pendidikan humanis menurut Ibn Khaldun dalam kitab Muqaddimah dengan pendidikan Islam di Indonesia. Pertama, nilai religius yang menjunjung hakikat manusia dengan mengembangkan potensi yang telah diberikan melalui pendidikan sehingga membentuk manusia yang “ideal” yang sesuai dengan pandangan sisdiknas. Kedua, nilai demokrasi di mana nilai ini sangat mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama sesuai dengan empat prinsip dalam nilai demokrasi menurut Ibn Khaldun di dalam berlangsungnya proses pendidikan antara pendidik dan peserta didik, serta dengan komponen pendidikan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:45
Last Modified: 24 Feb 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item