Pola Pengembangan Produk Bank Syariah (Study Kasus Produk Penghimpun Dana Tabungan Investasya Di Bank Mega Syariah Kantor Cabang Jember)

Nurdiana, Laily (2016) Pola Pengembangan Produk Bank Syariah (Study Kasus Produk Penghimpun Dana Tabungan Investasya Di Bank Mega Syariah Kantor Cabang Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laily Nurdiana_083112024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan produk pada bank syariah disini merupakan suatu langkah strategis yang dijalankan oleh suatu perusahaan berupa bank syariah untuk meningkatkan kualitas dari produk bank syariah tersebut. Begitu pula yang dijalankan oleh Bank Mega Syariah, dengan mengembangkan produk yang telah ada akan tercipta produk baru yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dari setiap nasabah Bank Mega Syariah. Efisiensi dan efektifitas produk yang tercipta akan meningkatkan kualitas dari Bank Mega Syariah sendiri. Pokok permasalahan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana pengembangan produk penghimpun dana Bank Syariah di Bank Mega Syariah Kantor Cabang Jember. Sedangkan sub dari pokok permasalahan yang akan diteliti adalah: a) Bagaimana Proses Bank Syariah menciptakan produk baru berupa produk penghimpun dana berupa tabungan investasya? b) Bagaimana Bank Mega Syariah melakukan uji pasar terhadap produk baru penghimpun dana tabungan investasya yang telah diciptakan? c) Bagaimana Bank Mega Syariah menjual produk baru penghimpun dana tabungan investasya? Tujuan umum penelitian yang diharapkan peneliti yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan produk penghimpun dana Investasya di bank Mega Syariah Kantor cabang Jember. Sedangkan tujuan khusus yang ingin peneliti capai adalah: a) Untuk mendeskripsikan proses dari penciptaan produk baru penghimpun dana tabungan investasya di Bank Mega Syariah. b) Untuk mendeskripsikan bagaimana Bank Mega Syariah melakukan uji pasar terhadap produk baru penghimpun dana tabungan investasya. c) Untuk mendeskripsikan bagaimana Bank Mega Syariah menjual produk baru penghimpun dana tabungan investasya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, Dan untuk mengumpulkan data peneliti memilih interview dan observasi agar data yang diperoleh lebih akurat. Dan untuk lebih mendukung data tersebut maka ditambah dengan dokumentasi data-data yang terdapat di lokasi penelitian. Peneliti mendapat kesimpulan umum bahwa, pola pengembangan produk yang dilakukan oleh Bank Mega Syariah dalam menciptakan produk baru Tabungan Investasya iB adalah, proses penciptaan produk baru, melakukan uji pasar dan melakukan komersialisasi terhadap produk. sedangkan kesimpulan khusus yag penulis dapatkan adalah: a) Proses penciptaan produk baru yang dilakukan oleh Bank Mega Syariah, yaitu, menentukan tujuan dan strategi produk bank syariah yang dikembangkan, mengidentifikasi peluang pasar melalui segmentasi pasar yang luas untuk meningkatkan sumber pendanaan bank dan mengatasi likuiditas bank, membuat desain produk yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan nasabah, bentuk dan desain yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan Bank Mega Syariah. b) pengujian produk dilakukan dengan memperkenalkan dalam acara tertentu. c) komersialisme dilakukan dengan pengelolaan risiko operasional dan manajemen risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item View Item