Peran Guru PAI Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Sekolah Menengah Atas Nurul Islam Jember

Amin, Maqinun (2019) Peran Guru PAI Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Sekolah Menengah Atas Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maqinun Amin_T20151132.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam dasawarsa terakhir ini, banyak tindakan kekerasan yang mengatas namakan agama Islam. Di Indonesia kekerasan mengatas namakan agama semakin banyak dijumpai baik itu di media elektronik maupun media cetak. Salah satu implikasinya adalah kekerasan agama yang dikonstruksi sebagai radikalisme yang menjadi variabel dominan dalam berbagai tindakan kekerasan atas nama agama. Salah satu sekolah yang berada di naungan pondok pesantren yang pernah kemasukan buku yang berparadigma radikalisme yaitu SMA Nuris Jember. Oleh karena itu peneliti tertarik mengangkat judul Peran Guru PAI dalam Mencegah Paham Radikalisme di Sekolah Menengah Atas Nurul Islam Jember Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pendidik dalam mencegah paham radikalisme di SMA Nuris Jember?; 2) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pengajar dalam mencegah paham radikalisme di SMA Nuris Jember?; 3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pembimbing dalam mencegah paham radikalisme di SMA Nuris Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peran Guru PAI sebagai pendidik dalam mencegah paham radikalisme di SMA Nuris Jember; 2) Mengetahui peran Guru PAI sebagai pengajar dalam mencegah paham radikalisme di SMA Nuris Jember; 3) Mengetahui peran Guru PAI sebagai pembimbing dalam mencegah paham radikalisme di SMA Nuris Jember? Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumplan data dalam skripsi ini menggunakan observasi, wawancara, dan teknik dokumenter. Sedangkan untuk analisis data digunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana sedangkan untuk keabsahan datanya digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Guru PAI sebagi pendidik di SMA Nuris Jember melakukan pembiasaan terhadap siswa agar selalu menghormati antar sesama baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas dengan menerapkan 6 S diantaranya: senyum, salam, sapa, sopan, santun, sanjung. Guru PAI Memberikan didikan kepada siswa bahwa siswa tidak boleh mengejek atau merendahkan tata cara beribadah agama lain dan siswa tidak boleh menganggap dirinya yang paling benar apalagi menganggap orang lain sesat. 2) Guru PAI di SMA Nuris Jember telah memberikan pemahaman secara luas tentang radikalisme dan bahaya aksi radikalisme meskipun tidak dibahas secara khusus di dalam mata pelajaran. Adapun dalam hal mengajar guru berpedaman pada RPP yang telah dibuatnya. 3) Guru PAI sebagai pembimbing melakukan kontrol terhadap perkembangan dan perilaku siswa, hal ini dilakukan dengan berbagai cara seperti kontrol bahan ajar, buku bacaan, situs-situs yang bisa dan tidak bisa di akses siswa. Setiap kegiatan selalu ada pendampingan dari guru PAI baik itu kegiatan yang bersifat keagamaan, peringatan hari besar Islam, maupun kegiatan yang bersifat umum seperti latihan kepemimpinan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19164

Actions (login required)

View Item View Item