Peran Guru PAI dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di MTs Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember

Kamal, Miftahul Fadil (2019) Peran Guru PAI dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di MTs Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Fadli Kamal_084121054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masa depan seorang anak sangat tergantung pada pola pengasuhan dan pendidikan yang diterimanya. Hal yang urgen ini mempunyai hubungan dengan beberapa faktor yaitu, lingkungan belajar, lingkungan masyarakat, lingkungan kerja, pemerintahan dan seluruh faktor eksternal lainnya. Keseluruhan dari faktor tadi mempunyai tanggung jawab atas pengajaran dan pendidikan manusia. Maka dalam hal ini, salah satu faktor yang memiliki peran penting dalam pendidikan adalah guru sebagai pendidik, pengajar dan pelatih dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional dan spiritual anak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MTs Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember? 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MTs Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember? 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai pelatih dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MTs Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MTs Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan ialah berbentuk penelitian deskriptif. Analisis data menggunakan Reduksi data, dispaly data dan Conclusion Drawing/Verification. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh Kesimpulan 1) Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan Kececradasn emosional akan membuat anak mampu mengelola emosinya untuk kebutuhan penyesuaian diri terhadap lingkungan dan berbagai situasi. 2) pengajar tentunya guru berkewajiban menyampaikan dan memberi pengajaran kepada para siswa mengenai bagaimana siswa berperilaku. 3) sekolah membiasakan dan melatih sholat berjama'ah, member teladan, berkomunikasi, membiasakan membaca, membiasakan menghargai dan menolong orang lain, memberi kebebasan anak-anak untuk mengikuti organisasi, diskusi dan cerita, melatih mereka bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19167

Actions (login required)

View Item View Item