Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Perspektif Piagam Madinah dalam Pendidikan Nasional

Hadi, Moch Lailul Ibadil (2020) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Perspektif Piagam Madinah dalam Pendidikan Nasional. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch Lailul Ibadil Hadi_T20151333.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat realita kemajemukan yang ada di Madinah dapat terorganisir dan dapat dikelola dengan baik berkat adanya konstitusi Piagam Madinah yang dibuat oleh Rasulullah terhadap Masyarakat Madinah. Untuk itu bagaimana kemudian nilai-nilai yang ada di dalam Piagam Madinah dapat diimplementasikan dan diambil kembali ibrahnya di dalam Pendidikan Nasional. Fokus penelitian ini yaitu (1). apa nilai-nilai pendidikan multikultural perspektif Piagam Madinah dalam pendidikan Nasional?, (2) bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural perspektif Piagam Madinah dalam pendidikan Nasional?, dan tujuan penelitian ini (1). mendeskripsikan apa saja implementasi nilai-nilai pendidikan multiku lturalisme perspektif Piagam Madinah pada pendidikan Nasional dan (2). mendeskripsikan implementasi nilainilai pendidikan multikultural perspektif Piagam Madinah dalam pendidikan Nasional Untuk melakukan penelitian yang bersifat history (sejarah) tersebut, maka peneliti memilih metode penelitian library research, atau studi kepustakaan. Dimana peneliti mengumpulkan data melalui bahan-bahan yang tersedia berupa buku, arsip, jurnal maupun dokumen-dokumen lain yang dapat menunjang penelitian. Terdapat dua sumber data dalam penelitian kepustakaan, yakni sumber data primer dan sekunder, sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal dan lain lain. Sekiranya data terkumpul kemudian peneliti menganalisis semua bahan dari sumber data primer dan sekunder untuk dianalisis menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Jika sudah selesai di analisis maka diuji keabsahannya melalui teknik induktif, deduktif, komparataif dan interpretative. Hasil dalam penelitian ini (1). Terdapat tiga nilai pendidikan multikultural di dalam Piagam Madinah, yaitu demokrasi, pengakuan terhadap hak asasi manusia, dan pluralisme. (2) implementasi dari nilai-nilai tersebut di dalam pendidikan nasional ialah berupa demokratisasi pendidikan, pendidikan humanis, dan pendidikan pluralisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item