Implementasi Pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fauzi, Mohammad (2019) Implementasi Pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Fauzi_T20151200.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan inklusi adalh pendidikan yang menyatukan anak-anak berkelainan (penyandang hambatan/cacat) kedalam program-program sekolah.. Senada dengan [engertian ini, Depatermen Pendidikan Nasional memahami pendidikan inklusi dengan mendidik anak berkelainan (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan implementasi pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember tahun pelajaran 2018/2019, 2). Bagaimana pelaksanaan implementasi pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember tahun pelajaran 2018/2019, 3). Bagaimana evaluasi implementasi pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan , pelaksanaan, evaluasi implementasi pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field resech). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian dilapangan yaitu: Observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman mulai dari pengumpulan data, kondensasi data (data condentation), penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Perencanaa pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember meliputi: silabus, penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran serta materi-materi pembelajaran tentang menghadirkan malaikat dalam kehidupan sehari-hari, 2). Penerapan kegiatan pembelajaran PAI di SMK Inklusi TPA Jember terdiri dari pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dimana pada kegitan inti pembelajaran terdapat pelaksanaan pembelajaran inklusif dalam proses pembelajarannya. Dalam pengaplikasiannya pendidik menguakan klasifikasi cluster dan pull out, dalam pelaksanaannya pembelajarannya peserta didik yang berkelainan belajar bersama anak lain (regular) namun dalam waktu-waktu tertentu ditarik dari kelas regular ke ruang sumber belajar dan belajar bersama guru pendamping khusus, 3). Evaluasi pada penerapan implementasi pembelajaran PAI pada materi mengahadirkan malaikat dalam kehidupan sehari-hari, pendidik menggunakan evaluasi formatif dengan menggunakan tes dan nontes, sedangkan penekannanya ada pada aspek kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:46
Last Modified: 24 Feb 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item